Tuesday, July 21, 2015

Materi Gelap Mengikat Galaksi Mati Di Cluster Coma

Credit: NASA/JPL-Caltech/L. Jenkins (GSFC)
Penelitian ~ Galaksi sekarat diselamatkan materi gelap, halos materi gelap besar di sekitar sekelompok galaksi kecil menyelamatkan mereka dari koyakan galaksi besar.

Materi gelap, zat misterius yang memegang akun 84 persen semua materi di alam semesta, menjaga sebuah galaksi kecil tidak terkoyak dan terhindar jatuh ke salah satu cluster besar.

Laporan sebelumnya menyebut 47 galaksi samar 300 juta tahun cahaya dari Bumi terikat gravitasi dan secara kolektif dikenal sebagai Cluster Coma yang mengandung bintang hanya 1 persen Bima Sakti.

"Langkah penting wawasan bagaimana materi gelap bertindak dan berapa banyak dikaitkan galaksi kecil," kata Cameron Yozin, astronom University of Western Australia.

Para astronom tidak bisa mendeteksi langsung materi gelap, tapi mereka menggunakan metode pengukuran tidak langsung untuk menyimpulkan keberadaan dan sifat-sifatnya.

Credit: Cameron Yozin, ICRAR/UWA

Cluster galaksi sangat samar, dingin dan berwarna merah bahwa mereka berhenti memproduksi bintang baru. Sampai hari ini Bima Sakti masih membuat bintang baru setara Matahari setiap tahun.

"Kami berasumsi galaksi samar terbentuk seperti galaksi normal lainnya, namun sangat tua sekitar 7 miliar tahun lalu. Mereka jatuh ke dalam gravitasi Coma Cluster," kata Yozin.

"Tapi materi gelap cukup kuat mempertahankan bentuk dan kelangsungan hidup galaksi ini. Kita harus memikirkan cara lain di mana galaksi mempertahankan nasib tanpa materi gelap," kata Yozin.
The quenching and survival of ultra diffuse galaxies in the Coma cluster

C. Yozin1 and K. Bekki1
  1. ICRAR, M468, The University of Western Australia, 35 Stirling Highway, Crawley WA 6009, Australia
Monthly Notices of the Royal Astronomical Society, July 19, 2015, DOI:10.1093/mnras/stv1073
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment