Wednesday, July 15, 2015

Pesona Pentaquark Menampakkan Diri di LHCb

Credit: CERN
Penelitian ~ Partikel pentaquark menunjukkan diri di CERN, Large Hadron Collider mengkonfirmasi pesona subatomik eksotis setelah sebelumya dianggap penampakan palsu.

Partikel eksotis terdiri dari 5 quark ditemukan satu dekade setelah eksperimen sebelumnya meragukan. Para peneliti menganalisis data peluruhan partikel tidak stabil dalam eksperimen LHC beauty di CERN.

Era baru pemahaman fisikawan atas gaya nuklir kuat yang memegang inti atom bersama-sama. Agregat quark yaitu konstituen dasar proton dan neutron biasa dalam pola yang belum pernah diamati sebelumnya.

Revolusi pemahaman struktur materi tahun 1964 ketika Murray Gell-Mann mengusulkan partikel baryon terdiri dari 3 bermuatan fraksional disebut quark dan kategori lain meson dari pasang quark-antiquark.

Model quark memungkinkan eksistensi quark komposit lainnya seperti pentaquark untuk 4 quark dan antiquark. Sebelum ini bagaimanapun tidak ada bukti konklusif penampakan.

"Pentaquark bukan sembarang partikel baru dalam pola yang diamati lebih dari 50 tahun eksperimental," kata Guy Wilkinson, juru bicara LHCb dalam pernyataan.

"Sifat-sifatnya memungkinkan kita memahami lebih baik bagaimana proton dan neutron terbentuk," kata Wilkinson.

Fisikawan LHCb mencari siluet peluruhan baryon sebagai Λb (Lambda b) menjadi 3 partikel lain J/ψp (J-psi), proton dan kaon. Spektrum massa J/ψ dan proton mengungkap teritori menengah yang kadang terlibat dalam produksi.
Observation of J/ψp resonances consistent with pentaquark states in Λ0b→J/ψK−p decays

LHCb collaboration

arXiv, Submitted on 13 Jul 2015, arXiv:1507.03414
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment