Monday, July 13, 2015

Misteri Gumpalan Plasma Mengintai Radio Ruang

Penelitian ~ Gumpalan plasma misterius mengintai ruang dan tidak ada yang tahu mengapa. Plasma panas aneh yang nampaknya mengisi ruang-raung kehampaan.

Tiga dekade terakhir para astronom mendeteksi dips sinyal radio dari quasar dan pulsar dan berpikir pusaran gelombang kejut supernova yang dikompresi gas antarbintang.

Peristiwa tidak semua terlihat sama sehingga tidak jelas apakah berbagi penyebab. Kadang-kadang frekuensi radio berbeda tertunda dalam jumlah berbeda, sementara kali lain sinyal radio berkedip.

Sekarang sebuah tim melepas pedal kopling di Parkes Pulsar Timing Array dengan hati-hati mengukur sinyal pulsar untuk mendeteksi gelombang gravitasi.

Gelombang radio diselenggarakan gumpalan yang lewat. Penundaan waktu dan kedipan pulsar pada waktu yang sama. Fenomena berbeda mungkin datang dari hal yang sama yaitu awan bergolak dahsyat.

"Ini awan antar bintang di tengah-tengah," kata Bill Coles, astronom University of California San Diego.

Durasi pendek peristiwa menunjuk jarak antara orbit Bumi dan Matahari. Terlihat besar tetapi kecil dalam hal antarbintang. Gumpalan harus diisi plasma setidaknya 100 kali lebih padat dari ruang normal.

Gumpalan mungkin terbentuk pada titik-titik tekanan ketika 2 wilayah debu tipis dan gas antara bintang memoles satu sama lain, tanpa ledakan supernova. Teori lain adalah nugget materi gelap.
Pulsar Observations of Extreme Scattering Events

W. A. Coles, M. Kerr, R. M. Shannon, G. Hobbs, R. N. Manchester, X. P. You, M. Bailes, N. D. R. Bhat, S. Burke-Spolaor, S. Dai, M. J. Keith, Y. Levin, S. Oslowski, V. Ravi, D. Reardon, L. Toomey, W. van Straten, J. B. Wang, L. Wen, X. J. Zhu

arXiv, Submitted on 26 Jun 2015, arXiv:1506.07948
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment