Wednesday, July 1, 2015

Cincin X-ray Ukur Jarak Bintang Neutron Circinus X-1

Credit: NASA/CXC/DSS/Univ. of Wisconsin-Madison/S. Heinz et al
Penelitian ~ Cincin dewa mengungkap jarak bintang neutron, refleksi awan debu ditambah trigonometri menempatkan Circinus X-1 pada jarak 31.000 tahun cahaya.

Sebuah benteng kosmik membantu astronom mengukur jarak bintang neutron. Cincin konsentris X-ray memantul dari debu menunjuk sisa-sisa bintang dalam akurasi 31.000 tahun cahaya di konstelasi Circinus.

Observatorium NASA Chandra X-ray dan teleskop ESA XMM-Newton menyerap gema X-ray dari 4 cincin yang terdefinisi di antara bintang neutron di pusat sistem Circinus X-1 dan pengamat.

Circinus X-1 adalah biner X-ray tua rendah massa di bidang pandang galaksi Bima Sakti yang mengandung sebuah bintang neutron yaitu bangkai padat bintang masif sisa ledakan supernova.

Bintang neutron dalam orbit dengan bintang pendamping yang diselimuti awan tebal gas antar-bintang, sistem juga sumber jet mengejutkan partikel kuat berenergi tinggi.

Kecepatan jet yang dihasilkan Circinus X-1 setidaknya 99,9 persen kecepatan cahaya di mana kecepatan ekstrim biasanya terkait dengan jet yang diproduksi oleh lubang hitam.

"Pada tahun 2013, bintang neutron mengalami ledakan besar selama 2 bulan sebagai salah satu sumber terang X-ray di langit. Kemudian gelap lagi," kata Sebastian Heinz, astronom University of Wisconsin-Madison.

Credit: S. Heinz/University of Wisconsin-Madison
Heinz dan rekan melakukan serangkaian pengamatan tindak lanjut menggunakan Chandra dan XMM-Newton untuk menemukan 4 cincin yang muncul sebagai lingkaran di sekitar bintang neutron Circinus X-1.

Cincin adalah gema cahaya tahun 2013 bahwa ledakan sinar-X dari sistem bintang terpantul awan debu di antara Circinus X-1 dan Bumi bahwa keempat cincin refleksi awan debu padat antara pengamat dan sisa supernova.

"Sama seperti kelelawar menggunakan sonar untuk melacak lokasi, kita dapat menggunakan sinar-X dari Circinus X-1 untuk mencari tahu persis tempatnya," kata Heinz.

Temuan baru mengendapkan laporan sebelumnya yang menetapkan jarak pada 13.000 tahun cahaya. Perbedaan perkiraan jarak memiliki implikasi setiap properti lain yang telah diamati sebelumnya terhadap Circinus X-1.
Lord of the Rings: A Kinematic Distance to Circinus X-1 from a Giant X-Ray Light Echo

Sebastian Heinz, Michael G. Burton, Catherine Braiding, William N. Brandt, Peter G. Jonker, Paul Sell, Robert P. Fender, Michael A. Nowak, Norbert S. Schulz

arXiv, Submitted on 19 Jun 2015, arXiv:1506.06142
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment