Skip to main content

Tikus Bermimpi Ke Tempat yang Ingin Dikunjungi

Penelitian ~ Tikus bermimpi tempat-tempat yang ingin didatangi. Tikus Werog (Rattus rattus) memimpikan masa depan saat tidur atau istirahat, otak mensimulasi perjalanan ke tujuan yang didambakan.

Tikus penuh nafsu berkelana dan bermimpi ke tempat-tempat yang ingin mereka kunjungi. Ketika tidak dapat meraih makanan, mereka mendapatkannya dalam mimpi saat tertidur.

"Ini seperti melihat brosur liburan ke Yunani sebelum Anda pergi, malam itu Anda bermimpi tentang gambar di brosur," kata Hugo Spiers, neurosaintis University College London.

Spiers dan rekan memasang 50 elektroda untuk merekam aktivitas otak ketika Rattus rattus tidur. Tikus membuka memori dengan berjalan di labirin bahwa mereka dengan hati-hati merencanakan strategi untuk mengakses makanan.

Peta mental dunia disimpan dalam hippocampi, dua struktur melengkung di kedua sisi otak yang mengeksplorasi lingkungan berbeda untuk dicatat dalam kombinasi tembakan neuron hippocampus.

Kemampuan membayangkan kejadian masa depan sama seperti manusia. Selama tidur sel-sel memberi peta internal bahwa otak sedang melakukan simulasi atau mempersiapkan jalur masa depan yang mengarah ke tujuan yang diinginkan.

"Selama tidur atau istirahat, replay hippocampus membuka perjalanan dalam peta yang membantu memperkuat memori. Sebuah hipotesis bahwa ulangan tersebut membentuk isi mimpi," kata Spiers.
Hippocampal place cells construct reward related sequences through unexplored space

H Freyja Ólafsdóttir1,2 et al.
  1. Institute of Behavioural Neuroscience, Department of Experimental Psychology, Division of Psychology and Language Sciences, University College London, London, United Kingdom
  2. Department of Cell and Developmental Biology, University College London, London, United Kingdom
eLife, June 26, 2015, DOI:10.7554/eLife.06063
Tinuku

Comments

Popular posts from this blog

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Hidup Tanpa Ibu, Bayi Tikus Lahir Sehat Tanpa Pembuahan Sel Telur

Penelitian ~ Membuat bayi semakin mudah tanpa telur bahwa tikus lahir tanpa ibu. Embrio haploid atau parthenogenotes disuntik dengan sperma berhasil berkembang menjadi keturunan yang sehat.

Gambar Tiga Dimensi Struktur Detail Virus Zika Resmi Terbit

Penelitian ~ Struktur virus Zika dipetakan untuk pertama kalinya. Gambar 3D virus tidak hanya memancing inspirasi seni, tapi bisa pula memberi petunjuk bagaimana melawannya.