Skip to main content

Berat Badan Dreadnoughtus schrani Hanya 35 Metrik Ton

Credit: Jennifer Hall
Penelitian ~ Analisis baru memotong setengah berat badan dino besar menjadi 30 hingga 40 metrik ton, Dreadnoughtus schrani mungkin tidak semengerikan estimasi awal yang disarankan.

Salah satu fauna terberat yang pernah hidup di planet Bumi diturunkan dari kelas berat menjadi lebih rendah. Dreadnoughtus schrani, dino herbivora ikonik pemegang rekor 59,3 metrik ton, mungkin hanya setengahnya.

Paleontolog menurunkan titanosaurian supermasif kolosal yang ditemukan beberapa tahun lalu di selatan-barat Patagonia mungkin hanya sedikit lebih besar daripada Apatosaurus.

Dreadnoug schrani tinggal di hutan beriklim sedang Cretaceous 77 juta tahun lalu. Lebih dari seratus tulang dan gigi mewakili 2 individu digali selama tahun 2005-2009 di Formasi Cerro Fortaleza di Santa Cruz, Argentina.

Karl Bates, paleontolog University of Liverpool, dan rekan menggunakan model rangka 3D untuk memeriksa massa lebih langsung. Metode melibatkan matematika untuk rekonstruksi volume kulit, otot, lemak dan jaringan lain.

"Perkiraan 60 ton ke atas tidak sesuai dengan pemahaman kita tentang karakteristik massa hewan darat," kata Bates.
Downsizing a giant: re-evaluating Dreadnoughtus body mass

Karl T. Bates1 et al.
  1. Department of Musculoskeletal Biology, University of Liverpool, Duncan Building, Daulby Street, Liverpool L69 3GE, UK
Biology Letters, 10 June 2015, DOI:10.1098/rsbl.2015.0215
Tinuku

Comments

Popular posts from this blog

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Hidup Tanpa Ibu, Bayi Tikus Lahir Sehat Tanpa Pembuahan Sel Telur

Penelitian ~ Membuat bayi semakin mudah tanpa telur bahwa tikus lahir tanpa ibu. Embrio haploid atau parthenogenotes disuntik dengan sperma berhasil berkembang menjadi keturunan yang sehat.

Gambar Tiga Dimensi Struktur Detail Virus Zika Resmi Terbit

Penelitian ~ Struktur virus Zika dipetakan untuk pertama kalinya. Gambar 3D virus tidak hanya memancing inspirasi seni, tapi bisa pula memberi petunjuk bagaimana melawannya.