Skip to main content

Garis Tawa Manusia Ditelusuri Leluhur Bersama Kera

Image courtesy of University of Portsmouth
Laporan Penelitian ~ Garis positif tawa manusia ditelusuri kembali menuju senyum leluhur bersama, ekspresi wajah simpanse Pan troglodytes bermain sinyal bahwa komunikasi riang berkembang sejak awal.

Cerita evolusi tawa tertulis di wajah sepupu, Pan troglodytes memainkan ekspresi wajah mulut terbuka di antara gelak tawa dan tinggal diam. Gerakan otot wajah mirip manusia dalam banyak hal.

Laporan baru menunjuk pertama kali primata non-manusia menggunakan ekspresi wajah untuk berkomunikasi tanpa membuat suara. Ekspresi riang kadang-kadang senyum atau melongo titik evolusi sederhana kera manusia dan simpanse.

"Manusia memiliki fleksibilitas untuk menunjukkan senyum dengan dan tanpa bersuara atau tertawa," kata Marina Davila-Ross, psikolog University of Portsmouth.

"Fleksibel penggunaan ekspresi wajah memungkinkan komunikasi eksplisit, tapi selama ini kita belum tahu simpanse juga bisa fleksibel menghasilkan ekspresi wajah bebas vokalisasi," kata Davila-Ross.

Senyum adalah tawa diam-diam. Para peneliti merekam 46 simpanse P. troglodytes di Chimfunshi Wildlife Orphanage menggunakan program ChimpFACS yaitu coding sistem wajah untuk mengukur gerakan wajah.

Sistem coding memungkinkan peneliti memeriksa gerakan wajah sangat halus dan membandingkan ekspresi manusia dan simpanse berdasarkan otot. Senyum yang menyertai memiliki asal usul evolusi sama manusia ketika tertawa.
Chimpanzees (Pan troglodytes) Produce the Same Types of ‘Laugh Faces’ when They Emit Laughter and when They Are Silent

Marina Davila-Ross1 et al.
  1. Centre for Comparative and Evolutionary Psychology, Psychology Department, University of Portsmouth, Portsmouth, United Kingdom
PLoS ONE, June 10, 2015, DOI:10.1371/journal.pone.0127337
Tinuku

Comments

Popular posts from this blog

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Hidup Tanpa Ibu, Bayi Tikus Lahir Sehat Tanpa Pembuahan Sel Telur

Penelitian ~ Membuat bayi semakin mudah tanpa telur bahwa tikus lahir tanpa ibu. Embrio haploid atau parthenogenotes disuntik dengan sperma berhasil berkembang menjadi keturunan yang sehat.

Gambar Tiga Dimensi Struktur Detail Virus Zika Resmi Terbit

Penelitian ~ Struktur virus Zika dipetakan untuk pertama kalinya. Gambar 3D virus tidak hanya memancing inspirasi seni, tapi bisa pula memberi petunjuk bagaimana melawannya.