Skip to main content

Kilau Supernova SN 1987A Mulai Meredup

Credit: ALMA (ESO/NAOJ/NRAO)/A. Angelich/NASA/ESA
Laporan Peneltian ~ Supernova paling berharga bagi para astronom mulai memudar dari pandangan. Kenikmatan ledakan favorit SN 1987A mulai kehilangan kilau.

Pertama kali muncul pada tahun 1987 menjadi permata penghargaan kepada para astronom karena duduk cukup dekat dengan Bumi yang membolehkan menyelidiki secara rinci.

Nyala gelombang kejut ditendang keluar oleh bintang asli sebelum meledak. Sekitar 15 tahun lalu tabrakan 30 gumpalan material padat berdering di lokasi ledakan.

Tempat kejadian bersinar seperti kalung mutiara, tetapi juga menghancurkan. Claes Fransson, astronom Stockholm University di Sweden, membuka citra Hubble Space Telescope dan Very Large Telescope di Atacama, Chili.


Data antara tahun 1994 hingga 2014 memberi montase mutiara di sepanjang cincin SN 1987A mulai memudar yang berarti gelombang kejut telah melewati batas onset. Cincin harus lenyap antara tahun 2020 hingga 2030.

Tapi bukan akhir bagi SN 1987A. Titik terang yang tersebar di luar ring menunjukkan supernova menerangi materi sebelumnya tak terlihat. Rumpun bisa mengungkap lebih lanjut asal-usul ledakan.
The Destruction of the Circumstellar Ring of SN 1987A

Claes Fransson, Josefin Larsson, Katia Migotto, Dominic Pesce, Peter Challis, Roger A. Chevalier, Kevin France, Robert P. Kirshner, Bruno Leibundgut, Peter Lundqvist, Richard McCray, Jason Spyromilio, Francesco Taddia, Anders Jerkstrand, Seppo Mattila, Nathan Smith, Jesper Sollerman, J. Craig Wheeler, Arlin Crotts, Peter Garnavich, Kevin Heng, Stephen S. Lawrence, Nino Panagia, Chun S. J. Pun, George Sonneborn, Ben Sugerman

arXiv, Submitted on 25 May 2015, arXiv:1505.06669

Comments

Popular

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Tungau Wajah Demodex folliculorum dan Demodex brevis

www.LaporanPenelitian.com - Tungau kecil merayap di seluruh wajah Anda, tes DNA mengungkap kemahahadiran 2 spesies arakhnida hidup di kulit manusia. Demodex folliculorum dan Demodex brevis adalah teman dunia luar Anda paling intim.

Pemburu-Pengumpul Zaman Batu Mengobati Sakit Gigi Pakai Alat Batu dan Aspal

Penelitian ~ Pemburu-pengumpul Zaman Batu mengobati sakit gigi menggunakan alat tajam dan tar. Dokter gigi tidak mengebor dan menambal, tapi menggores dan melapisi. Temuan gigi menambah bukti bahwa beberapa bentuk kedokteran gigi telah muncul selama setidaknya 14.000 tahun lalu.

Dua gigi dari orang yang tinggal di Italia utara 13.000 hingga 12.740 tahun lalu menanggung tanda-tanda seseorang telah menghapus infeksi jaringan lunak bagian dalam. Daerah yang diolah kemudian ditutup dengan zat lengket seperti tar menggunakan alat batu, para ilmuwan melaporkan ke American Journal of Physical Anthropology.

Temuan menunjukkan bahwa teknik untuk menghapus bagian-bagian gigi yang terinfeksi gigi telah dikembangkan ribuan tahun sebelum fajar pertanian yang kaya diet karbohidrat sebagai penyebab utama merebaknya gigi berlubang. Petani mungkin sudah terbiasa menggunakan alat-alat batu untuk mengebor gigi berlubang sejak 9.000 tahun lalu.

Stefano Benazzi, antropolog University of Bologna, pada tah…