Skip to main content

Cincin Raksasa Lain Melebar Ke Luar Orbit Saturnus

Credit: JPL-Caltech/NASA/Keck
Laporan Penelitian ~ Cincin planet terbesar di Tata Surya bahkan lebih luas dari pandangan mata. NASA WISE melihat band lingkar debu cincin tipis Saturnus setidaknya 270 kali lebar planet raksasa.

Pada tahun 2009 NASA Spitzer Space Telescope menemukan radiasi inframerah jauh melampaui cincin utama yang mengelilingi Saturnus. Sinar Matahari memanaskan debu cincin dan memancarkan panas pada panjang gelombang inframerah.

Sekarang Astronom melaporkan NASA WISE mendeteksi cincin yang sama setidaknya sejauh 6-16 juta kilometer dari planet. Jika Saturnus adalah ukuran bola basket, maka cincin selebar 2 per 3 panjang lapangan.

Meskipun berisi partikel debu kecil, cincin besar mungkin muncul ketika puing-puing komet memukul bulan Phoebe dan menghamburkan material yang masuk ke orbit sekitar planet.
Small particles dominate Saturn’s Phoebe ring to surprisingly large distances

Douglas P. Hamilton1 et al.
  1. Department of Astronomy, University of Maryland, College Park, Maryland 20742-2421, USA
Nature, 10 June 2015, DOI:10.1038/nature14476
Tinuku

Comments

Popular posts from this blog

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Hidup Tanpa Ibu, Bayi Tikus Lahir Sehat Tanpa Pembuahan Sel Telur

Penelitian ~ Membuat bayi semakin mudah tanpa telur bahwa tikus lahir tanpa ibu. Embrio haploid atau parthenogenotes disuntik dengan sperma berhasil berkembang menjadi keturunan yang sehat.

Gambar Tiga Dimensi Struktur Detail Virus Zika Resmi Terbit

Penelitian ~ Struktur virus Zika dipetakan untuk pertama kalinya. Gambar 3D virus tidak hanya memancing inspirasi seni, tapi bisa pula memberi petunjuk bagaimana melawannya.