Tuesday, June 9, 2015

Dinosaurus Hornet Triceratops Memiliki Gigi Kompleks

Credit: Dmitry Bogdanov via Wikimedia Commons
Laporan Penelitian ~ Dino hornet 9 meter, Triceratops, menghias gigi halus untuk mengiris materi padat yang memberi diet kaya dan lebih bervariasi dibanding reptil modern.

Hari ini, gigi reptil dibangun sedemikian rupa yang digunakan sebagian besar untuk merebut makanan dan menghancurkannya. Pada intinya reptil tidak bisa mengunyah.

Gigi juga tidak menutup jalan bagi mamalia, tetapi kebanyakan mamalia herbivora memiliki permukaan gigi lebih untuk memincing dan meremuk tanaman.

"Baru saja diasumsikan dinosaurus tidak melakukan seperti mamalia, tapi dalam beberapa hal mereka sebenarnya lebih kompleks," kata Gregory Erickson, biolog Florida State University.

Erickson dan rekan memeriksa spesimen gigi Triceratops yang dikumpulkan di Amerika Utara. Gigi tersusun dari 5 lapisan jaringan. Sebaliknya kuda dan bison hanya 4 lapisan. Buaya dan reptil lainnya hanya 2.

"Masing-masing jaringan melakukan sesuatu. Morfologi unik ini berfungsi untuk mengurangi gesekan yang dicapai melalui evolusi suite kompleks jaringan gigi dan tulang," kata Erickson.

Pertanyaan yang tersisa adalah bagaimana lazim struktur gigi yang kompleks di antara dinosaurus dan reptil lainnya. Paleontolog berniat mengeksplorasi lebih lanjut dengan memeriksa catatan struktur gigi reptil lainnya.
Wear biomechanics in the slicing dentition of the giant horned dinosaur Triceratops

Gregory M. Erickson1 et al.
  1. Department of Biological Science, Florida State University, 319 Stadium Drive, Tallahassee, FL 32306-4295, USA
Science Advances, 05 Jun 2015, DOI:10.1126/sciadv.1500055
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment