Friday, June 5, 2015

Arsitektur Pluto Dalam Resonansi Gravitasi Chaos

Credit: NASA/ESA/M. Showalter, SETI Institute/G. Bacon, STScI
Laporan Penelitian ~ Bulan keempat terkecil Pluto mungkin lahir dalam kecelakaan. Satu satelit, Kerberos, jauh lebih gelap dari ketiga saudara kandung yang terkunci dalam tarian misterius.

Lima satelit Pluto yaitu Charon, Styx, Nix, Kerberos dan Hydra dikemas bersama-sama seketat mungkin dengan orbit disinkroni yang secara teori keluarga terbentuk dari sisa puing-puing setelah objek besar menabrak Pluto muda.

Charon, bulan terbesar, adalah setengah diameter Pluto itu sendiri. Jika 4 bulan yang lebih kecil adalah sisa puing-puing tabrakan, mereka semua harus terlihat sama. Tapi ini tidak terjadi.

Seperti empat bulan terbesar Jupiter, bulan-bulan Pluto terus datang dan pergi dalam konfigurasi waktu hampir sama. Charon melengkapi tiga orbit di sekitar waktu yang sama setiap goyangan Styx.

Karena tidak mungkin kelima bulan disinkroni secara kebetulan, mereka mungkin memiliki asal yang sama. Jarak berdekatan juga menunjuk kemungkinan ada bulan lain atau cincin bersembunyi di antara 4 bulan terkecil.

Sistem Pluto begitu jauh dari Bumi, bahkan Hubble Space Telescope melihat hanya sebagai bintik cahaya, tapi Kerberos benar-benar lebih gelap dari keempat bulan lainnya.

Credit: NASA/ESA/M. Showalter/SETI Institute
"Ini misteri tidak peduli apa yang Anda lakukan," kata Mark Showalter, astronom SETI Institute di Mountain View, California.

Permukaan Kerberos terlihat berbeda tapi masih mungkin memiliki asal-usul sama dengan Nix dan Hydra jika interiornya identik atau ketidakcocokan massa dan kecerahan dapat menjelaskan mengapa bentuknya berbeda.

"Hydra dan Nix adalah perbandingan Pluto dengan Io, Europa dan Ganymede dalam sistem Jupiter. Pluto kecil, tetapi tidak kecil dalam arti relatif yang mampu menjebak Styx ke dalam resonansi ini," kata Showalter.

Rincian lebih lanjut datang pada bulan Juli ketika wahana NASA New Horizons mencapai Pluto. Sistem miniatur Tata Surya miniatur dan tidak seperti planet dan satelit sistem lain. Arsitektur benar-benar unik.



Resonant interactions and chaotic rotation of Pluto’s small moons

M. R. Showalter1 & D. P. Hamilton2
  1. SETI Institute, 189 Bernardo Avenue, Mountain View, California 94043, USA
  2. Department of Astronomy, University of Maryland, College Park, Maryland 20742, USA
Nature, 03 June 2015, DOI:10.1038/nature14469
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment