Wednesday, May 6, 2015

Archaeornithura meemannae Fajar Burung Cretaceous

Zongda Zhang
Laporan Penelitian - Burung tertua dari burung yang diketahui saat ini di China, fosil Archaeornithura meemannae mendorong fajar cabang pohon keluarga burung kembali 130 juta tahun lalu.

Sebagian besar hewan dari dinosaurus bertanduk atau berenang hingga plesiosaurus predator menjadi sangat asing tidak berarti menakutkan. Tapi tahta di lahan basah dan di langit adalah burung.

Dua kerangka parsial digali di timur laut China mencatat rekor kerabat burung tertua. Fragmen sisa-sisa Archaeornithura meemannae yang hidup 130,7 juta tahun lalu atau sekitar 6 juta tahun lebih awal dari rekor sebelumnya.

Pemburu fosil menemukan tulang makhluk seukuran hummingbird tertanam dalam lembaran batu yang mungkin sekali danau. Bulu bintik menutupi tubuh gemuk kecuali pada beberapa tempat di kaki.

Burung lahir sekitar 150 juta tahun lalu ketika sekelompok dinosaurus kecil pemakan daging menggerai sayap berbulu dan melompat ke langit. Mereka segera terbagi menjadi dua kelompok yang berbeda.

Garis keturunan yang memunculkan burung modern ornithuromorphs dan arah berlawanan enantiornithines dengan sendi penghubung terbalik, memiliki gigi dan sayap bercakar tetapi menghilang di akhir Cretaceous.

Sementara ornithuromorphs mengevolusi otot dada besar dan sayap dengan berbagai jenis bulu berlapis. Fitur penting untuk penerbangan bertenaga tinggi. Struktur tulang tumbuh jauh lebih cepat dibanding enantiornithines.

Tapi para peneliti tidak tahu kapan fitur tersebut muncul, meskipun beberapa spesimen burung ikonik paling awal seperti Archaeopteryx di Jerman berdating 150 juta tahun.

A. meemannae mengisi kesenjangan dalam waktu dan anatomi. Spesimen indah bermantel burung modern, bulu ekor kipas, tulang menyatu di ujung sayap dan lengan U akrab ayam panggang.

Kaki panjang menyesuikan hasrat berendam di air mirip bangau hari ini bahwa burung modern muncul di habitat berair kaya protein ikan jutaan tahun evolusi bahkan sebelum A. meemannae datang di tempat kejadian.

Tidak ada yang yakin dalam kiamat post-asteroid kepunahan dinosaurus, tapi tingkat pertumbuhan cepat burung modern memungkinkan mereka mencapai usia dewasa lebih cepat dan penerbangan terampil sebagai anugerah.




The oldest record of ornithuromorpha from the early cretaceous of China

Min Wang1 et al.
  1. Key Laboratory of Vertebrate Evolution and Human Origins of Chinese Academy of Sciences, Institute of Vertebrate Paleontology and Paleoanthropology, Chinese Academy of Sciences, Beijing 100044, China
Nature Communication, 05 May 2015, DOI:10.1038/ncomms7987
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment