Monday, May 18, 2015

Astronom Melaporkan Cuaca Harian di Exoplanet

Laporan Penelitian - Para astronom siapkan laporan cuaca dunia alien seukuran Jupiter, data yang dikumpulkan NASA Kepler Space Telescope menemukan bukti siklus cuaca harian di 14 gas raksasa planet ekstrasurya.

Suatu hari di peradaban galatikum, penyiar televisi mewartakan cuaca harian exoplanet bahwa pagi berawan di Kepler-6b, Kepler-7b, Kepler-8b dan Kepler-41b, tetapi sore lebih panas di Kepler-76b dan HAT-P-7b.

"Kami melaporkan cuaca di dunia alien Kepler-5b, -6b, -7b, -8b, -10b, -12b, -41b, -43b, -76b, -91b, -412b, TrES-2b, HAT- P-7b dan KOI-13b," kata Lisa Esteves, kandidat PhD di University of Toronto.

"Dengan mengukur perubahan planet mengelilingi bintang host dan identifikasi siklus siang-malam, kami menelusuri masing-masing fase bagian-bagian yang berbeda," kata Esteves.

Sebagian besar sampel planet sangat panas dan besar dengan suhu lebih dari 1600 derajat Celsius. Sebuah dunia yang jauh dari ramah untuk kehidupan tetapi sangat baik untuk pengukuran fase.

Karena sangat dekat dengan bintang host maka berlawanan arah jarum jam dengan sisi kanan bergerak ke arah orbit di setiap planet. Gerakan ke arah timur dari permukaan planet menjadi sirkulasi angin atmosfer.

"Angin terus mengirim awan ke sisi jauh, memanas dan menghilang, meninggalkan langit sore bebas awan. Angin ini juga mendorong udara panas ke timur yang menyebabkan suhu lebih tinggi di sore hari," kata Esteves.
Changing Phases of Alien Worlds: Probing Atmospheres of Kepler Planets with High-Precision Photometry

Lisa J. Esteves, Ernst J. W. De Mooij, Ray Jayawardhana

arXiv, last revised 7 May 2015, arXiv:1407.2245
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment