Friday, May 29, 2015

Cincin Debu HD 115600 Analog Bayi Sistem Tata Surya

Credit: Thayne Currie et al
Laporan Penelitian - Sebuah tim astronom mengintip balita pemijahan sistem solar seperti yang tampak dalam teori pembentukan Tata Surya di awal sejarahnya.

Tidak ada yang tahu persis bagaimana Tata Surya di awal hari dan bagaimana berevolusi. Tidak ada foto atau orang yang menonton aksi terbentuknya 4,6 miliar tahun lalu.

Tapi astronom melaporkan temuan terbaru dari sistem exosolar jauh di mana area luarnya terlihat banyak seperti dalam teori pembentukan Tata Surya di awal evolusinya.

"Ini seperti melihat sisi luar Tata Surya ketika masih balita," kata Thayne Currie, astronom Subaru Observatory di Mauna Kea, Hawaii.

Bintang HD 115600 terdeteksi Gemini South telescope di Chile, duduk 360 tahun cahaya di konstelasi Centaurus. Fitur bintang sedikit lebih besar dari Matahari dengan cakram debu dan es pada jarak 37-55 AUs (3,4-5,1 miliar mile).

Kira-kira jarak yang sama dari Matahari ke Sabuk Kuiper, wilayah ruang hanya di luar Neptunus yang berisi puing-puing es sisa-sisa dari pembentukan Tata Surya lebih dari 4 miliar tahun lalu.

Credit: Thayne Currie et al
Puing-puing berkisar dalam ukuran titik debu hingga Pluto. Tidak ada planet definitif yang terdeteksi, meskipun fakta disk yang bundar tidak sempurna memiliki pusat yang menunjukkan adanya 1 atau lebih planet.

"Temuan ini langkah awal menuju pemahaman arsitektur sistem planet yang mirip dengan Tata Surya," kata Nikku Madhusudhan, astrofisikawan Cambridge University.

"Kita tidak tahu setiap sistem exoplanet tepat memiliki arsitektur sama dengan sistem Surya bersama semua planet dan Sabuk Kuiper. Tapi setidaknya kita menemukan analog Sabuk Kuiper," kata Madhusudhan.
Direct Imaging and Spectroscopy of a Young Extrasolar Kuiper Belt in the Nearest OB Association

Thayne Currie, Carey M. Lisse, Marc J. Kuchner, Nikku Madhusudhan, Scott J. Kenyon, Christian Thalmann, Joseph Carson, John H. Debes

arXiv, Submitted on 25 May 2015, arXiv:1505.06734
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment