Friday, May 15, 2015

Fisikawan CERN Konfirmasi Keberadaan Bs0 Meson

Laporan Penelitian - Temuan CERN memberi punggung Model Standar fisika setelah pencarian hampir 3 dekade. Para ilmuwan deteksi interum partikel sub-atom yang mendukung teori kunci tentang alam semesta.

Tim kolaborasi CMS (Compact Muon Solenoid) dan LHCb (Large Hadron Collider beauty) di CERN Large Hadron Collider di Swiss melaporkan penampakan pertama peluruhan sangat langka partikel Bs0 Meson.

Dunia gaib sub-atomik komposit berat yang terdiri dari sebuah bottom antiquark dan sebuah strange quark dalam 2 muon. Model Standar memprediksi proses langka terjadi sekitar 4 kali dari 1 miliar peluruhan.

Temuan memberi dukungan lebih lanjut untuk 'Model Standar', sebuah kerangka konseptual untuk partikel dan kekuatan kosmos. Meson B netral adalah komposit stabil dari 2 jenis partikel quark kuat terikat.

Model standar telah lulus tes eksperimental, tetapi tidak menjawab beberapa pertanyaan kosmologi seperti materi gelap yang membentuk hampir 85 persen massa kosmos.

"Hasil ini memberi kita diskon parameter sebagian besar teori. Setiap teori harus memprediksi perubahan cukup kecil," kata Joel Butler, fisikawan Fermilab dan anggota kolaborasi CMS.

Untuk satu hal, Meson B netral sendiri diproduksi dalam kondisi ekstrim energi tinggi di akselerator partikel atau interaksi kosmik-ray sehingga sangat sulit dan mahal untuk diteliti.
Observation of the rare Bs0 →µ+µ− decay from the combined analysis of CMS and LHCb data

CMS Collaboration & LHCb Collaboration

Nature, 13 May 2015, DOI:10.1038/nature14474
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment