Skip to main content

Chilesaurus diegosuarezi, Dino Vegan Sepupu T. rex

www.LaporanPenelitian.com - Dinosaurus vegetarian sepupu Tyrannosaurus rex di selatan Chili 150 juta tahun yang lalu terlihat seperti mosaik berbagai dinosaurus lainnya.

Kepala kecil, panjang tubuh 3 meter dan bipedal seperti T. rex, tetapi jari besar tumpul bukan cakar setan. Tak seperti T. rex, kaki belakang luas lebih seperti Diplodocus, sementara korset panggul berujung seperti Triceratops.

Chilesaurus diegosuarezi berparuh mirip burung, tetapi fitur kaki belakang mirip dino theropoda, kelompok di mana duduk pembunuh terkenal Velociraptor dan Carnotaurus bertanduk.

Deretan gigi dan fitur rahang mengisyaratkan pemakan tumbuhan, tapi sisa-sisa spesimen kerangka tampak seperti chimera dengan berbagai dinosaurus karnivora dan herbivora.

Chilesaurus keluarga theropoda karena ulang leher, lajur otot panggul dan ekor tersusun yang memungkinkan untuk manuver atletik seperti T. rex bergigi silet, meskipun jauh lebih lambat.

"Chilesaurus salah satu dinosaurus paling aneh yang pernah ditemukan," kata Fernando Novas, kurator dari Natural History Museum Argentina di Buenos Aires.

Panggul mengingatkan ornithischia atau Stegosaurus dan lebar kaki belakang mirip raksasa sauropoda seperti Brontosaurus. Chilesaurus merupakan jenis baru theropoda dengna teka-teki evolusi paleontologi.

Sampai saat ini, theropoda herbivora yang dikenal hanya dalam keluarga dinosaurus yang dekat modern burung, tapi Chilesaurus menunjukkan bahwa diet bebas daging jauh lebih awal dalam catatan.

Chilesaurus hidup di akhir periode Jurassic sekitar 145 juta tahun lalu dan jauh sebelum regim T. rex memerintah di akhir era Cretaceous selama 70-65 tahun lalu.
An enigmatic plant-eating theropod from the Late Jurassic period of Chile

Fernando E. Novas1 et al.
  1. Museo Argentino de Ciencias Naturales “B. Rivadavia”, Av. Ángel Gallardo 470 (C1405DJR), Buenos Aires, Argentina
Nature, 27 April 2015, DOI:10.1038/nature14307. Gambar: Gabriel Lio

Comments

Popular

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Tungau Wajah Demodex folliculorum dan Demodex brevis

www.LaporanPenelitian.com - Tungau kecil merayap di seluruh wajah Anda, tes DNA mengungkap kemahahadiran 2 spesies arakhnida hidup di kulit manusia. Demodex folliculorum dan Demodex brevis adalah teman dunia luar Anda paling intim.

Pemburu-Pengumpul Zaman Batu Mengobati Sakit Gigi Pakai Alat Batu dan Aspal

Penelitian ~ Pemburu-pengumpul Zaman Batu mengobati sakit gigi menggunakan alat tajam dan tar. Dokter gigi tidak mengebor dan menambal, tapi menggores dan melapisi. Temuan gigi menambah bukti bahwa beberapa bentuk kedokteran gigi telah muncul selama setidaknya 14.000 tahun lalu.

Dua gigi dari orang yang tinggal di Italia utara 13.000 hingga 12.740 tahun lalu menanggung tanda-tanda seseorang telah menghapus infeksi jaringan lunak bagian dalam. Daerah yang diolah kemudian ditutup dengan zat lengket seperti tar menggunakan alat batu, para ilmuwan melaporkan ke American Journal of Physical Anthropology.

Temuan menunjukkan bahwa teknik untuk menghapus bagian-bagian gigi yang terinfeksi gigi telah dikembangkan ribuan tahun sebelum fajar pertanian yang kaya diet karbohidrat sebagai penyebab utama merebaknya gigi berlubang. Petani mungkin sudah terbiasa menggunakan alat-alat batu untuk mengebor gigi berlubang sejak 9.000 tahun lalu.

Stefano Benazzi, antropolog University of Bologna, pada tah…