Skip to main content

Dua Lubang Hitam Supermasif Berdekatan Ekstrim

www.LaporanPenelitian.com - Lubang hitam supermasif sangat berdekatan, sinyal cahaya berdenyut yang mengisyaratkan sepasang lubang hitam supermasif saling menutup.

Dua lubang hitam supermasif dalam jarak begitu dekat bersama-sama bahwa mereka saling mengunci gelombang gravitasi yang diprediksi Teori relativitas Umum Einstein.

Lubang hitam terkadung dalam quasar PSO J334.2028 + 01.4075 bermassa 10 miliar kali massa Matahari dan memancarkan sinyal optik periodik berulang setiap 542 hari.

Core dari banyak galaksi berkilauan sarang lubang hitam supermasif jutaan atau bahkan milyaran kali massa Matahari. Teori memprediksi galaksi bertabrakan dan merger tumbuh semakin besar, demikian juga lubang hitam supermasif.

Gravitasi lubang hitam menghisap gas untuk membentuk disk akresi. Partikel berputar semakin cepat dan meludahkan sejumlah besar energi dalam bentuk panas, sinar-X kuat dan sinar gamma.

Ketika proses ini terjadi pada sebuah lubang hitam supermasif, hasilnya adalah quasar. Obyek sangat terang mengalahkan semua bintang di galaksi host. Dua lubang hitam biner menyerap materi siklis petunjuk quasar biner.

Suvi Gezari, astronom University of Maryland, dan rekan menggunakan Pan-STARRS1 Medium Deep Survey menemukan quasar PSO J334.2028 + 01.4075 dalam kurva cahaya aritmik.
A Periodically Varying Luminous Quasar at z=2 from the Pan-STARRS1 Medium Deep Survey: A Candidate Supermassive Black Hole Binary in the Gravitational Wave-Driven Regime

Tingting Liu, Suvi Gezari, Sebastien Heinis, Eugene A. Magnier, William S. Burgett, Kenneth Chambers, Heather Flewelling, Mark Huber, Klaus W. Hodapp, Nicholas Kaiser, Rolf-Peter Kudritzki, John L. Tonry, Richard J. Wainscoat, Christopher Waters

arXiv (Submitted on 6 Mar 2015), arXiv:1503.02083

Comments

Popular

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Tungau Wajah Demodex folliculorum dan Demodex brevis

www.LaporanPenelitian.com - Tungau kecil merayap di seluruh wajah Anda, tes DNA mengungkap kemahahadiran 2 spesies arakhnida hidup di kulit manusia. Demodex folliculorum dan Demodex brevis adalah teman dunia luar Anda paling intim.

Pemburu-Pengumpul Zaman Batu Mengobati Sakit Gigi Pakai Alat Batu dan Aspal

Penelitian ~ Pemburu-pengumpul Zaman Batu mengobati sakit gigi menggunakan alat tajam dan tar. Dokter gigi tidak mengebor dan menambal, tapi menggores dan melapisi. Temuan gigi menambah bukti bahwa beberapa bentuk kedokteran gigi telah muncul selama setidaknya 14.000 tahun lalu.

Dua gigi dari orang yang tinggal di Italia utara 13.000 hingga 12.740 tahun lalu menanggung tanda-tanda seseorang telah menghapus infeksi jaringan lunak bagian dalam. Daerah yang diolah kemudian ditutup dengan zat lengket seperti tar menggunakan alat batu, para ilmuwan melaporkan ke American Journal of Physical Anthropology.

Temuan menunjukkan bahwa teknik untuk menghapus bagian-bagian gigi yang terinfeksi gigi telah dikembangkan ribuan tahun sebelum fajar pertanian yang kaya diet karbohidrat sebagai penyebab utama merebaknya gigi berlubang. Petani mungkin sudah terbiasa menggunakan alat-alat batu untuk mengebor gigi berlubang sejak 9.000 tahun lalu.

Stefano Benazzi, antropolog University of Bologna, pada tah…