Monday, April 20, 2015

MRI Melihat Sumber Suara Kavitasi Sendi-Sendi Jari

www.LaporanPenelitian.com - Para peneliti menarik jari untuk memecahkan bagaimana suara cethutan sendi-sendi jari untuk menemukan teori populer semburan gelembung.

Ketika waktu senggang atau merasa pegal-pegal, banyak orang menggerakkan leher secara seketika atau menarik dan menekuk jari-jari sampai berbunyi "krak!" lalu terasa lega.

Pencitraan berkecepatan tinggi merekam ketika engsel tulang retak adalah bentuk gelembung di sendi. Laporan baru mungkin menyelesaikan perdebatan puluhan tahun tentang sumber suara.

Pada tahun 1947, dua peneliti menggunakan serangkaian sinar-X untuk menentukan suara "krak!" datang ketika sendi cepat terpisah dan membentuk gelembung udara. Proses disebut kavitasi.

Sekarang Gregory Kawchuk, biomekanikanwan University of Alberta di Kanada, dan rekan menggunakan metode yang sama tetapi menyimpulkan bahwa suara adalah letupan gelembung.

Kawchuk menggunakan rekaman Magnetic Resonance Imaging (MRI) lebih cepat dan rinci untuk menonton apa yang terjadi saat mereka perlahan-lahan menarik jari orang hingga bersuara retak.

"Apa yang kita lihat pada MRI mendukung laporan tahun 1947," kata Kawchuk.

Jari ditarik, ketegangan di sendi dan cairan dengan cepat menumpuk, muncul sebagai bercak putih pada citra MRI. Maka rongga tiba-tiba terbuka dan menghasilkan ketukan.




Real-Time Visualization of Joint Cavitation

Gregory N. Kawchuk1 et al.
  1. Department of Physical Therapy, Faculty of Rehabilitation Medicine, University of Alberta, Edmonton, Alberta, Canada
PLoS ONE, April 15, 2015, DOI:10.1371/journal.pone.0119470
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment