Monday, April 13, 2015

Teror Paruh Kapak Burung Llallawavis scagliai

LaporanPenelitian.com - Paruh tanggem sangat kuat mengkampak mangsanya, burung lallawavis scagliai adalah teror Amerika Selatan kuno.

Dengan kapak cepat dari paruhnya, Llallawavis scagliai menyabet mangsanya. Teror burung pemakan daging sebagai salah satu predator top predator di Amerika Selatan yang punah 2,5 juta tahun lalu.

Fosil lengkap yang hilang hanya beberapa sayap, kaki dan ujung ekor digali di timur laut Argentina pada tahun 2010 tertimbun dalam sedimen berdating 3,5 juta tahun.

L. scagliai mungkin hidup di lingkungan terbuka atau semi hutan di mana sungai kecil mengalir. Berdiri 1,2 meter dan berat 18 kg adalah ukuran moderat untuk burung teror karena satu spesies lain lebih dari 2 meter dan berat 70 kg.

Tulang sendi di dekat paruh lebih fleksibel dibanding di jenis burung lain, sehingga membantu memukul mangsa dan lebih efektif merobek bangkai lebih cepat.

CT scan bentuk dan orientasi kanalis semisirkularis dalam struktur yang menyarankan L. scagliai bisa putar kepala dengan cepat. Proporsi berbagai isotop karbon dan nitrogen dalam fosil bisa menilai kebiasaan makan burung.

Beberapa ilmuwan mengusulkan tidak semua burung teror pemburu yang baik. Anggota beberapa spesies mungkin menghabiskan sebagian besar waktu dengan mengais bangkai daripada mengejar mangsa.




A new Mesembriornithinae (Aves, Phorusrhacidae) provides new insights into the phylogeny and sensory capabilities of terror birds

Federico J. Degrange1 et al.
  1. Centro de Investigaciones en Ciencias de la Tierra (CICTERRA), CONICET and Universidad Nacional de Córdoba, Avenida Vélez Sársfield 1611, X5016GCA, Córdoba, Argentina
Journal of Vertebrate Paleontology, 20 Mar 2015, DOI:10.1080/02724634.2014.912656. Gambar: H. Santiago Druetta
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment