Langsung ke konten utama

Teror Paruh Kapak Burung Llallawavis scagliai

LaporanPenelitian.com - Paruh tanggem sangat kuat mengkampak mangsanya, burung lallawavis scagliai adalah teror Amerika Selatan kuno.

Dengan kapak cepat dari paruhnya, Llallawavis scagliai menyabet mangsanya. Teror burung pemakan daging sebagai salah satu predator top predator di Amerika Selatan yang punah 2,5 juta tahun lalu.

Fosil lengkap yang hilang hanya beberapa sayap, kaki dan ujung ekor digali di timur laut Argentina pada tahun 2010 tertimbun dalam sedimen berdating 3,5 juta tahun.

L. scagliai mungkin hidup di lingkungan terbuka atau semi hutan di mana sungai kecil mengalir. Berdiri 1,2 meter dan berat 18 kg adalah ukuran moderat untuk burung teror karena satu spesies lain lebih dari 2 meter dan berat 70 kg.

Tulang sendi di dekat paruh lebih fleksibel dibanding di jenis burung lain, sehingga membantu memukul mangsa dan lebih efektif merobek bangkai lebih cepat.

CT scan bentuk dan orientasi kanalis semisirkularis dalam struktur yang menyarankan L. scagliai bisa putar kepala dengan cepat. Proporsi berbagai isotop karbon dan nitrogen dalam fosil bisa menilai kebiasaan makan burung.

Beberapa ilmuwan mengusulkan tidak semua burung teror pemburu yang baik. Anggota beberapa spesies mungkin menghabiskan sebagian besar waktu dengan mengais bangkai daripada mengejar mangsa.




A new Mesembriornithinae (Aves, Phorusrhacidae) provides new insights into the phylogeny and sensory capabilities of terror birds

Federico J. Degrange1 et al.
  1. Centro de Investigaciones en Ciencias de la Tierra (CICTERRA), CONICET and Universidad Nacional de Córdoba, Avenida Vélez Sársfield 1611, X5016GCA, Córdoba, Argentina
Journal of Vertebrate Paleontology, 20 Mar 2015, DOI:10.1080/02724634.2014.912656. Gambar: H. Santiago Druetta

Komentar

Popular

Tungau Wajah Demodex folliculorum dan Demodex brevis

www.LaporanPenelitian.com - Tungau kecil merayap di seluruh wajah Anda, tes DNA mengungkap kemahahadiran 2 spesies arakhnida hidup di kulit manusia. Demodex folliculorum dan Demodex brevis adalah teman dunia luar Anda paling intim.

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Pemburu-Pengumpul Zaman Batu Mengobati Sakit Gigi Pakai Alat Batu dan Aspal

Penelitian ~ Pemburu-pengumpul Zaman Batu mengobati sakit gigi menggunakan alat tajam dan tar. Dokter gigi tidak mengebor dan menambal, tapi menggores dan melapisi. Temuan gigi menambah bukti bahwa beberapa bentuk kedokteran gigi telah muncul selama setidaknya 14.000 tahun lalu.

Dua gigi dari orang yang tinggal di Italia utara 13.000 hingga 12.740 tahun lalu menanggung tanda-tanda seseorang telah menghapus infeksi jaringan lunak bagian dalam. Daerah yang diolah kemudian ditutup dengan zat lengket seperti tar menggunakan alat batu, para ilmuwan melaporkan ke American Journal of Physical Anthropology.

Temuan menunjukkan bahwa teknik untuk menghapus bagian-bagian gigi yang terinfeksi gigi telah dikembangkan ribuan tahun sebelum fajar pertanian yang kaya diet karbohidrat sebagai penyebab utama merebaknya gigi berlubang. Petani mungkin sudah terbiasa menggunakan alat-alat batu untuk mengebor gigi berlubang sejak 9.000 tahun lalu.

Stefano Benazzi, antropolog University of Bologna, pada tah…