Saturday, April 11, 2015

Tabrakan Bumi dan Theia Asal-Usul Munculnya Lunar

www.LaporanPenelitian.com - Tabrakan planet mirip Bumi menciptakan Bulan. Planet primordial, Theia, menabrak Bumi bayi dan menghamburkan puing-puing yang membentuk Lunar.

Perbandingan kimia Bumi dan Lunar membantu menyelesaikan teka-teki lama mengapa mereka berdua hampir kembar dalam hal komposisi. Theia harus memiliki make-up isotop yang mirip dari Bumi.

Kemiripan variasi dalam isotop tungsten yang ditemukan di Bumi dan di Lunar terus memunculkan pertanyaan para ilmuwan bahwa 2 objek berukuran berbeda memiliki komposisi yang sama.

"Selama 30 tahun kontradiksi menjadi tantangan besar bagi fisikawan bergulat dengan asal-usul Lunar," kata Alessandra Mastrobuono-Battisti, astronom Israel Institute of Technology di Haifa.

Mastrobuono-Battisti dan rekan membangun simulasi pembentukan 85 sampai 90 embrio planet dan 1000 sampai 2000 planetesimal yang membentang setengah orbit Merkurius dan Venus hingga 50 juta mil dari orbit Jupiter.

Dalam 100-200 juta tahun, masing-masing memproduksi 3-4 planet berbatu akibat tabrakan embrio dan planetesimal dan dampak skenario yang sama bahwa Theia dan Bumi memiliki komposisi kimia mirip.

"Ini bukan peristiwa langka, impactors lebih mirip dengan planet mereka, dampak dibandingkan dengan planet yang berbeda dalam sistem yang sama," kata Mastrobuono-Battisti.

"Kami yang pertama mempertimbangkan kembali hipotesis ini, sekarang mengeksplorasi dengan data besar dan berbagai macam model," kata Mastrobuono-Battisti.
A primordial origin for the compositional similarity between the Earth and the Moon

Alessandra Mastrobuono-Battisti1 et al.
  1. Department of Physics, Technion, Israel Institute of Technology, Haifa 32000, Israel
Nature, 10 February 2015, DOI: 10.1038/nature14333
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment