Monday, April 6, 2015

Beam On-stream dan Large Hadron Collider Restart

LaporanPenelitian.com - Large Hadron Collider (LHC) kembali beraksi. LHC kembali ke kehidupan setelah 2 tahun menjalani upgrade besar.

Pada 5 April pukul 10:41 am waktu setempat, sebuah pulsa proton terbang melalui jalur melingkar di Large Hadron Collider di dekat Jenewa, Swiss, untuk pertama kalinya dalam 2 tahun.

Tumbukan diikuti pukul 12:27 oleh berkas cahaya yang beredar berlawanan arah. Reboot harus berujung pada kehancuran proton bersama-sama dengan energi gabungan 13 teraelectronvolts.

Beam sebelumnya beredar pada uji energi 450 gigaelectronvolts, hanya lebih dari 10 persen dari energi utama mereka. Reboot sempat tertunda sedikit ketika konsleting ditemukan di salah satu magnet beberapa minggu lalu.

"Hadiah, kerja keras tim banyak orang. Operator kembali di kursi kemudi, akselerator baru on-stream, hati-hati, langkah demi langkah," kata Paul Collier, kepala beam CERN dalam sebuah pernyataan.

Operator collider sekarang harus memeriksa semua sistem sebelum meningkatkan energi. Mereka mengharapkan tumbukan pertama antara 2 tandan proton yang direncanakan terjadi pada bulan Juni.

Fisikawan berharap temuan beberapa fisika baru di luar model standar. Higgs boson, ditemukan di LHC pada tahun 2012 adalah bagian terakhir model standar, tetapi teori tidak termasuk materi gelap dan gravitasi.

"Kami memiliki urusan yang belum selesai dalam memahami alam semesta. Kami ingin mengejar petunjuk dan mengubah menjadi penemuan," kata Tara Shears, fisikawan University of Liverpool.
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment