Thursday, April 2, 2015

Little Foot Australopithecus prometheus di Afrika Selatan

LaporanPenelitian.com - Spesies Lucy Australopithecus afarensis, garis hominid Afrika Timur, memiliki mitra di Afrika Selatan Australopithecus prometheus.

‘Little Foot’ Australopithecus prometheus mendorong kembali usia awal hominid Afrika Selatan, dating spesies yang hidup di era Lucy Australopithecus afarensis.

Sebuah kerangka hampir lengkap di situs Sterkfontein Caves, Afrika Selatan, datang 3,67 juta tahun lalu sehingga kira-kira 1 juta tahun lebih tua dari hominid Afrika Selatan lainnya.

Perkiraan dating spesimen sebelumnya pada sekitar 3-2 juta tahun. Dating baru, jika benar, membuat Kaki Kecil kontemporer dengan spesies Lucy di Afrika Timur dari sekitar 4-3 juta tahun.

"Dating baru Littel Foot pengingat bahwa ada banyak spesies Australopithecus di lanskep lebih luas daripada hanya sejumlah kecil situs di Timur dan Selatan," kata Ronald Clarke, paleoantropolog University of the Witwatersrand di Johannesburg.

Sejak tahun 1997, Clarke bekerja dengan kerangka ‘Little Foot’ yang masing terbungkus dalam batu. Hujan sebentar-sebentar mencuci tanah Sterkfontein Caves dan mengganggu sedimen sehingga sulit dan memakan waktu.

Darryl Granger, geolog Purdue University di West Lafayette, Indiana, dan rekan mengukur peluruhan radioaktif aluminium dan berilium 11 sampel kuarsa yang melekat di kerangka.

Peluruhan setiap elemen terjadi pada tingkat yang diketahui setelah sedimen dimakamkan. Sembilan dari 11 sampel menunjuk tingkat peluruhan yang sebanding bahwa batuan tergeletak di atas satu kesempatan.

Granger dan tim menggunakan teknik yang sama untuk artefak batu saat ditemukan di tempat lain di Sterkfontein Caves menjadi 2,18 juta tahun. Alat batu di situs Afrika Selatan di dekatnya juga berdating sekitar 2 juta tahun.

Beberapa spesies Australopithecus berevolusi di Afrika Timur sekitar waktu yang sama bahwa varian lain dari genus kuno bisa muncul di tempat lain di Afrika. Gigi khas panjang, wajah datar dan sifat-sifat lainnya menegaskan spesies baru.



New cosmogenic burial ages for Sterkfontein Member 2 Australopithecus and Member 5 Oldowan

Darryl E. Granger1 et al.
  1. Department of Earth, Atmospheric, and Planetary Sciences, Purdue University, West Lafayette, Indiana 47907, USA
Nature, 01 April 2015, DOI:10.1038/nature14268. Gambar dan video: Purdue University
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment