Skip to main content

Ratna Cempaka Pengeraman Wathondara kotejai

Penelitian - Serangga panji kuning Wathondara kotejai mengerami telur dan beberapa peri 100 juta tahun lalu terawetkan dalam lilin ovisac yang membatu.

Ratna Cempaka mengawetkan episode 100 juta tahun serangga dewasa perempuan dengan telur dan 6 nimfa instar pertama kumbang dalam novel sekilas dokumentasi amber.

"Fosil rapuh serangga perempuan sangat jarang. Dating 100 juta tahun bukti perawatan induk serangga sangat langka," kata Bo Wang, paleontolog Chinese Academy of Sciences.

Wathondara kotejai dari Provinsi Kachin, Myanmar utara, satu-satunya Mesozoikum dalam catatan serangga perempuan dewasa. Cabochon ellipsoid jelas dan transparan dengan diameter 11 mm, tinggi 5 mm dan berat 0,8 g.

Wathondara kotejai terjebak getah damar sambil membawa sekitar 60 telur dan nimfa pertama baru menetas. Telur dan nimfa yang terbungkus dalam lapis kantong lilin telur di perut.

"Perawatan telur menjadi pendorong penting radiasi awal skala serangga yang terjadi selama akhir periode Jurassic atau awal Cretaceous di era Mesozoikum," kata Wang.

Satu-satunya bukti langsung lainnya tentang perawatan induk dalam damar Kenozoikum, era yang memanjang hingga saat ini dan dimulai sekitar 65 juta tahun yang lalu dengan kepunahan dinosaurus.



Brood care in a 100-million-year-old scale insect

Bo Wang1,2 et al.
  1. State Key Laboratory of Palaeobiology and Stratigraphy, Nanjing Institute of Geology and Palaeontology, Chinese Academy of Sciences, Nanjing, China
  2. Steinmann Institute, University of Bonn, Bonn, Germany
eLife, March 31, 2015, DOI:10.7554/eLife.05447

Comments

Popular

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Tungau Wajah Demodex folliculorum dan Demodex brevis

www.LaporanPenelitian.com - Tungau kecil merayap di seluruh wajah Anda, tes DNA mengungkap kemahahadiran 2 spesies arakhnida hidup di kulit manusia. Demodex folliculorum dan Demodex brevis adalah teman dunia luar Anda paling intim.

Pemburu-Pengumpul Zaman Batu Mengobati Sakit Gigi Pakai Alat Batu dan Aspal

Penelitian ~ Pemburu-pengumpul Zaman Batu mengobati sakit gigi menggunakan alat tajam dan tar. Dokter gigi tidak mengebor dan menambal, tapi menggores dan melapisi. Temuan gigi menambah bukti bahwa beberapa bentuk kedokteran gigi telah muncul selama setidaknya 14.000 tahun lalu.

Dua gigi dari orang yang tinggal di Italia utara 13.000 hingga 12.740 tahun lalu menanggung tanda-tanda seseorang telah menghapus infeksi jaringan lunak bagian dalam. Daerah yang diolah kemudian ditutup dengan zat lengket seperti tar menggunakan alat batu, para ilmuwan melaporkan ke American Journal of Physical Anthropology.

Temuan menunjukkan bahwa teknik untuk menghapus bagian-bagian gigi yang terinfeksi gigi telah dikembangkan ribuan tahun sebelum fajar pertanian yang kaya diet karbohidrat sebagai penyebab utama merebaknya gigi berlubang. Petani mungkin sudah terbiasa menggunakan alat-alat batu untuk mengebor gigi berlubang sejak 9.000 tahun lalu.

Stefano Benazzi, antropolog University of Bologna, pada tah…