Skip to main content

Spektrum Warna Kehidupan Tanda Tangan Dunia Alien

LaporanPenelitian.com - Untuk mencari alien, para ilmuwan membuat warna hidup. Cara baru untuk mencari kehidupan di dunia asing dengan pantulan cahaya.

Para ilmuwan membuat perpustakaan warna hidup, katalogisasi spektrum atau panjang gelombang cahaya yang terpantul dari 137 jenis mikroorganisme.

Dalam spektrum inframerah, mikroba semua tampak sama yang memancarkan cahaya pada panjang gelombang tertentu. Tapi dalam panjang gelombang cahaya tampak, mikroba bergantung pigmen yang bervariasi dari spesies ke spesies.

Jika para ilmuwan mendeteksi pola panjang gelombang yang cocok dengan jenis pigmentasi terlihat pada spesies duniawi dan fitur penyerapan universal dalam inframerah, maka tanda tangan kehidupan sah.

Bukti konsep teleskop super-sensitif bisa melacak cakrawala kehidupan exoplanet berbekal database warna, meskipun kendala teknis muncul karena planet dibanjiri cahaya dari bintang host dan distorsi atmosfer.

Tapi teknik penginderaan jarak jauh warna kehidupan mungkin satu-satunya harapan untuk menemukan kerabat kita jauh di sudut-sudut lain alam semesta.
Surface biosignatures of exo-Earths: Remote detection of extraterrestrial life

Siddharth Hegde1 et al.
  1. Max Planck Institute for Astronomy, Heidelberg 69117, Germany
Proceedings of the National Academy of Sciences, March 16, 2015, DOI:10.1073/pnas.1421237112

Comments

Popular

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Tungau Wajah Demodex folliculorum dan Demodex brevis

www.LaporanPenelitian.com - Tungau kecil merayap di seluruh wajah Anda, tes DNA mengungkap kemahahadiran 2 spesies arakhnida hidup di kulit manusia. Demodex folliculorum dan Demodex brevis adalah teman dunia luar Anda paling intim.

Pemburu-Pengumpul Zaman Batu Mengobati Sakit Gigi Pakai Alat Batu dan Aspal

Penelitian ~ Pemburu-pengumpul Zaman Batu mengobati sakit gigi menggunakan alat tajam dan tar. Dokter gigi tidak mengebor dan menambal, tapi menggores dan melapisi. Temuan gigi menambah bukti bahwa beberapa bentuk kedokteran gigi telah muncul selama setidaknya 14.000 tahun lalu.

Dua gigi dari orang yang tinggal di Italia utara 13.000 hingga 12.740 tahun lalu menanggung tanda-tanda seseorang telah menghapus infeksi jaringan lunak bagian dalam. Daerah yang diolah kemudian ditutup dengan zat lengket seperti tar menggunakan alat batu, para ilmuwan melaporkan ke American Journal of Physical Anthropology.

Temuan menunjukkan bahwa teknik untuk menghapus bagian-bagian gigi yang terinfeksi gigi telah dikembangkan ribuan tahun sebelum fajar pertanian yang kaya diet karbohidrat sebagai penyebab utama merebaknya gigi berlubang. Petani mungkin sudah terbiasa menggunakan alat-alat batu untuk mengebor gigi berlubang sejak 9.000 tahun lalu.

Stefano Benazzi, antropolog University of Bologna, pada tah…