Tuesday, March 24, 2015

Spektrum Warna Kehidupan Tanda Tangan Dunia Alien

LaporanPenelitian.com - Untuk mencari alien, para ilmuwan membuat warna hidup. Cara baru untuk mencari kehidupan di dunia asing dengan pantulan cahaya.

Para ilmuwan membuat perpustakaan warna hidup, katalogisasi spektrum atau panjang gelombang cahaya yang terpantul dari 137 jenis mikroorganisme.

Dalam spektrum inframerah, mikroba semua tampak sama yang memancarkan cahaya pada panjang gelombang tertentu. Tapi dalam panjang gelombang cahaya tampak, mikroba bergantung pigmen yang bervariasi dari spesies ke spesies.

Jika para ilmuwan mendeteksi pola panjang gelombang yang cocok dengan jenis pigmentasi terlihat pada spesies duniawi dan fitur penyerapan universal dalam inframerah, maka tanda tangan kehidupan sah.

Bukti konsep teleskop super-sensitif bisa melacak cakrawala kehidupan exoplanet berbekal database warna, meskipun kendala teknis muncul karena planet dibanjiri cahaya dari bintang host dan distorsi atmosfer.

Tapi teknik penginderaan jarak jauh warna kehidupan mungkin satu-satunya harapan untuk menemukan kerabat kita jauh di sudut-sudut lain alam semesta.
Surface biosignatures of exo-Earths: Remote detection of extraterrestrial life

Siddharth Hegde1 et al.
  1. Max Planck Institute for Astronomy, Heidelberg 69117, Germany
Proceedings of the National Academy of Sciences, March 16, 2015, DOI:10.1073/pnas.1421237112
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment