Langsung ke konten utama

Hanya Masalah Waktu Strain Mematikan Flu Burung H7N9

LaporanPenelitian.com - Ayam harus disalahkan atas penyebaran flu burung mematikan terbaru dan hanya masalah waktu sebelum virus H7N9 menyebar ke seluruh dunia.

Ayam memulai gelombang kedua flu burung H7N9 yang melanda China tahun lalu dan gelombang ketiga sedang berlangsung. Dari provinsi Zhejiang di China tenggara, virus berkembang menjadi setidaknya 3 varietas lokal.

Flu burung H7N9 pertama kali bangkit dari tidur di musim semi 2013 ketika menyerang 136 orang dan membunuh sekitar 40 darinya. Virus hampir menghilang selama musim panas hanya untuk muncul kembali di musim gugur.

Oktober 2013 sampai September 2014 menyerang 318 orang dan menewaskan lebih dari 100 orang. Gelombang ketiga dimulai Oktober lalu dengan total lebih dari 640 orang terjangkit.

Para ilmuwan tidak tahu mengapa virus bangkit kembali lebih kuat. H7N9 mengambil gen dari virus flu burung lain yang memungkinkan menginfeksi manusia lebih mudah.

Pasar unggas hidup di 5 provinsi rata-rata 3 persen ayam membawa virus. Kombinasi membuat H7N9 kandidat utama munculnya galur pandemik pada manusia. Hanya masalah waktu sebelum virus keluar China.
Dissemination, divergence and establishment of H7N9 influenza viruses in China

Tommy Tsan-Yuk Lam1,2,3 et al.
  1. State Key Laboratory of Emerging Infectious Diseases (HKU-Shenzhen Branch), Shenzhen Third People’s Hospital, Shenzhen 518112, China
  2. Joint Influenza Research Centre (SUMC/HKU), Shantou University Medical College (SUMC), Shantou 515041, China
  3. Centre of Influenza Research, School of Public Health, The University of Hong Kong (HKU), Hong Kong, China
Nature, 11 March 2015, DOI:10.1038/nature14348

Komentar

Popular

Tungau Wajah Demodex folliculorum dan Demodex brevis

www.LaporanPenelitian.com - Tungau kecil merayap di seluruh wajah Anda, tes DNA mengungkap kemahahadiran 2 spesies arakhnida hidup di kulit manusia. Demodex folliculorum dan Demodex brevis adalah teman dunia luar Anda paling intim.

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Pemburu-Pengumpul Zaman Batu Mengobati Sakit Gigi Pakai Alat Batu dan Aspal

Penelitian ~ Pemburu-pengumpul Zaman Batu mengobati sakit gigi menggunakan alat tajam dan tar. Dokter gigi tidak mengebor dan menambal, tapi menggores dan melapisi. Temuan gigi menambah bukti bahwa beberapa bentuk kedokteran gigi telah muncul selama setidaknya 14.000 tahun lalu.

Dua gigi dari orang yang tinggal di Italia utara 13.000 hingga 12.740 tahun lalu menanggung tanda-tanda seseorang telah menghapus infeksi jaringan lunak bagian dalam. Daerah yang diolah kemudian ditutup dengan zat lengket seperti tar menggunakan alat batu, para ilmuwan melaporkan ke American Journal of Physical Anthropology.

Temuan menunjukkan bahwa teknik untuk menghapus bagian-bagian gigi yang terinfeksi gigi telah dikembangkan ribuan tahun sebelum fajar pertanian yang kaya diet karbohidrat sebagai penyebab utama merebaknya gigi berlubang. Petani mungkin sudah terbiasa menggunakan alat-alat batu untuk mengebor gigi berlubang sejak 9.000 tahun lalu.

Stefano Benazzi, antropolog University of Bologna, pada tah…