Skip to main content

Hanya Masalah Waktu Strain Mematikan Flu Burung H7N9

LaporanPenelitian.com - Ayam harus disalahkan atas penyebaran flu burung mematikan terbaru dan hanya masalah waktu sebelum virus H7N9 menyebar ke seluruh dunia.

Ayam memulai gelombang kedua flu burung H7N9 yang melanda China tahun lalu dan gelombang ketiga sedang berlangsung. Dari provinsi Zhejiang di China tenggara, virus berkembang menjadi setidaknya 3 varietas lokal.

Flu burung H7N9 pertama kali bangkit dari tidur di musim semi 2013 ketika menyerang 136 orang dan membunuh sekitar 40 darinya. Virus hampir menghilang selama musim panas hanya untuk muncul kembali di musim gugur.

Oktober 2013 sampai September 2014 menyerang 318 orang dan menewaskan lebih dari 100 orang. Gelombang ketiga dimulai Oktober lalu dengan total lebih dari 640 orang terjangkit.

Para ilmuwan tidak tahu mengapa virus bangkit kembali lebih kuat. H7N9 mengambil gen dari virus flu burung lain yang memungkinkan menginfeksi manusia lebih mudah.

Pasar unggas hidup di 5 provinsi rata-rata 3 persen ayam membawa virus. Kombinasi membuat H7N9 kandidat utama munculnya galur pandemik pada manusia. Hanya masalah waktu sebelum virus keluar China.
Dissemination, divergence and establishment of H7N9 influenza viruses in China

Tommy Tsan-Yuk Lam1,2,3 et al.
  1. State Key Laboratory of Emerging Infectious Diseases (HKU-Shenzhen Branch), Shenzhen Third People’s Hospital, Shenzhen 518112, China
  2. Joint Influenza Research Centre (SUMC/HKU), Shantou University Medical College (SUMC), Shantou 515041, China
  3. Centre of Influenza Research, School of Public Health, The University of Hong Kong (HKU), Hong Kong, China
Nature, 11 March 2015, DOI:10.1038/nature14348
Tinuku

Comments

Popular posts from this blog

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Hidup Tanpa Ibu, Bayi Tikus Lahir Sehat Tanpa Pembuahan Sel Telur

Penelitian ~ Membuat bayi semakin mudah tanpa telur bahwa tikus lahir tanpa ibu. Embrio haploid atau parthenogenotes disuntik dengan sperma berhasil berkembang menjadi keturunan yang sehat.

Gambar Tiga Dimensi Struktur Detail Virus Zika Resmi Terbit

Penelitian ~ Struktur virus Zika dipetakan untuk pertama kalinya. Gambar 3D virus tidak hanya memancing inspirasi seni, tapi bisa pula memberi petunjuk bagaimana melawannya.