Monday, March 16, 2015

Semburan Hidrotermal Terkubur di Bawah Es Enceladus

www.LaporanPenelitian.com - Mix panas hidrotermal, air dan batu ditempa partikel silika bahwa bulan Saturnus teman berjumpa di luar angkasa.

Core Enceladus merebus air di laut yang terkubur. Partikel kaya silikon tertanam di salah satu cincin Saturnus berasal dari air di Enceladus yang telah dipanaskan sampai setidaknya 90 derajat Celcius.

Puing-puing mungkin dikeruk dari dasar laut, air meresapi lapisan berbatu dan kemudian meledak ke luar angkasa melalui retakan es. Interaksi air hangat dan batuan seperti yang ditemukan pada ventilasi hidrotermal di Bumi.

Tanda tangan lain bahwa bulan Saturnus memiliki kondisi yang menguntungkan evolusi organisme. Contoh pertama yang diketahui kegiatan hidrotermal di luar Bumi meningkatkan upaya untuk mengirim wahana pemburu kehidupan.

"Kami menunjukkan apa yang terjadi di permukaan terhubung ke laut di bawah permukaan," kata Hsiang-Wen Hsu, planetolog University of Colorado di Boulder.

Di Bumi, interaksi air dan batu dalam air panas menghasilkan materi kimia yang ramah kehidupan di mana bakteri dan makhluk lainnya berkembang. Amerika Serikat, Eropa dan Jepang sedang berencana menuju Enceladus.

Pada tahun 2009 para ilmuwan melaporkan butiran garam di salah satu cincin Saturnus yang dibentuk oleh partikel yang berasal dari Enceladus. Pada tahun 2014 tim lain mengukur gravitasi data Cassini untuk lautan di bawah permukaan.

Ongoing hydrothermal activities within Enceladus

Hsiang-Wen Hsu1 et al.
  1. Laboratory for Atmospheric and Space Physics, University of Colorado, Boulder, Colorado 80303, USA
Nature, 11 March 2015, DOI:10.1038/nature14262. Gambar: NASA/JPL-Caltech.
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment