Skip to main content

Homo neanderthalensis Berhias Liontin dan Kalung Elang

LaporanPenelitian.com - Homo neanderthalensis memakai cakar elang sebagai liontin dan kalung, perhiasan 130.000 tahun kisah kemawahan dekorasi.

Neanderthal berburu mammoth, bison dan hewan besar lainnya makanan, tapi musuh sengit mereka adalah elang besar yang dijerat untuk membuat perhiasan.

Rentang sayap hingga 2 meter, burung-burung predator udara terbesar di Eropa. Cakar elang ekor putih di situs Neanderthal di Kroasia tanda tangan yang menyarankan proses pemotongan sebagai karya ornamen pribadi.

"Mereka burung yang sangat kuat. Dibutuhkan keberanian dan kebodohan, bahkan untuk menangkap salah satu," kata David Frayer, palaeoantropolog University of Kansas di Lawrence.

Geolog Dragutin Gorjanovic-Kramberger menggali situs antara tahun 1899 hingga 1905. Alat-alat batu, tulang Neanderthal dan gigi ia kirim ke kolega untuk identifikasi.



Beberapa cakar raptor, bulu dan bantalan sebagai perhiasan telah ditemukan di situs Neanderthal lainnya, tapi koleksi Krapina 8 cakar setidaknya dari 3 burung berbeda adalah terbesar dan tertua dari semua catatan.

Neanderthal memanipulasi cakar sebagai perhiasan yang membutuhkan ketrampilan rumit. Beberapa arkeolog sebelumnya menyatakan hanya Homo sapiens yang mampu memikirkan perilaku simbolik.
Evidence for Neandertal Jewelry: Modified White-Tailed Eagle Claws at Krapina

Davorka Radovčić1 et al.
  1. Department of Geology and Paleontology, Croatian Natural History Museum, 10000, Zagreb, Croatia
PLoS ONE, Jurnal, Tanggal, DOI:10.1371/journal.pone.0119802. Gambar: Luka Mjeda

Comments

Popular

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Tungau Wajah Demodex folliculorum dan Demodex brevis

www.LaporanPenelitian.com - Tungau kecil merayap di seluruh wajah Anda, tes DNA mengungkap kemahahadiran 2 spesies arakhnida hidup di kulit manusia. Demodex folliculorum dan Demodex brevis adalah teman dunia luar Anda paling intim.

Pemburu-Pengumpul Zaman Batu Mengobati Sakit Gigi Pakai Alat Batu dan Aspal

Penelitian ~ Pemburu-pengumpul Zaman Batu mengobati sakit gigi menggunakan alat tajam dan tar. Dokter gigi tidak mengebor dan menambal, tapi menggores dan melapisi. Temuan gigi menambah bukti bahwa beberapa bentuk kedokteran gigi telah muncul selama setidaknya 14.000 tahun lalu.

Dua gigi dari orang yang tinggal di Italia utara 13.000 hingga 12.740 tahun lalu menanggung tanda-tanda seseorang telah menghapus infeksi jaringan lunak bagian dalam. Daerah yang diolah kemudian ditutup dengan zat lengket seperti tar menggunakan alat batu, para ilmuwan melaporkan ke American Journal of Physical Anthropology.

Temuan menunjukkan bahwa teknik untuk menghapus bagian-bagian gigi yang terinfeksi gigi telah dikembangkan ribuan tahun sebelum fajar pertanian yang kaya diet karbohidrat sebagai penyebab utama merebaknya gigi berlubang. Petani mungkin sudah terbiasa menggunakan alat-alat batu untuk mengebor gigi berlubang sejak 9.000 tahun lalu.

Stefano Benazzi, antropolog University of Bologna, pada tah…