Langsung ke konten utama

Perbandingan Gen Lacak Asal-Usul Etnis Budak Afrika

www.LaporanPenelitian.com - Asal-usul tepat 12 juta budak Afrika yang dikirim ke Dunia Baru antara tahun 1500 dan 1850 terlihat remang-remang.

Beberapa catatan sejarah tidak pasti karena budak disortir berdasarkan pendaratan dan bukan negara dari mana mereka datang. Laporan baru menegaskan tiga negara modern Kamerun, Ghana dan Nigeria.

Rekonstruksi DNA menggunakan pendekatan seluruh capture genom 3 budak yang digali di pantai pulau Karibia St Martin mampu melacak mereka berasal dari daerah berbahasa Bantu Kamerun dan non-berbahasa Bantu Nigeria dan Ghana.

"Untuk pengetahuan kita, temuan ini memberi bukti langsung pertama asal-usul etnis diperbudak Afrika, pada catatan waktu sejarah yang langka," kata Hannes Schroeder, geogenetikawan University of Copenhagen.

"Data genom menyediakan tipe yang lain dari catatan yang dapat memberikan penerangan baru tentang pertanyaan sejarah lama," kata Hannes Schroeder.
Genome-wide ancestry of 17th-century enslaved Africans from the Caribbean

Hannes Schroeder1 et al.
  1. Centre for Geogenetics, Natural History Museum of Denmark, University of Copenhagen, 1350 Copenhagen, Denmark
  2. Faculty of Archaeology, Leiden University, 2300 Leiden, The Netherlands
Proceedings of the National Academy of Sciences, March 9, 2015, DOI:10.1073/pnas.1421784112

Komentar

Popular

Tungau Wajah Demodex folliculorum dan Demodex brevis

www.LaporanPenelitian.com - Tungau kecil merayap di seluruh wajah Anda, tes DNA mengungkap kemahahadiran 2 spesies arakhnida hidup di kulit manusia. Demodex folliculorum dan Demodex brevis adalah teman dunia luar Anda paling intim.

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Pemburu-Pengumpul Zaman Batu Mengobati Sakit Gigi Pakai Alat Batu dan Aspal

Penelitian ~ Pemburu-pengumpul Zaman Batu mengobati sakit gigi menggunakan alat tajam dan tar. Dokter gigi tidak mengebor dan menambal, tapi menggores dan melapisi. Temuan gigi menambah bukti bahwa beberapa bentuk kedokteran gigi telah muncul selama setidaknya 14.000 tahun lalu.

Dua gigi dari orang yang tinggal di Italia utara 13.000 hingga 12.740 tahun lalu menanggung tanda-tanda seseorang telah menghapus infeksi jaringan lunak bagian dalam. Daerah yang diolah kemudian ditutup dengan zat lengket seperti tar menggunakan alat batu, para ilmuwan melaporkan ke American Journal of Physical Anthropology.

Temuan menunjukkan bahwa teknik untuk menghapus bagian-bagian gigi yang terinfeksi gigi telah dikembangkan ribuan tahun sebelum fajar pertanian yang kaya diet karbohidrat sebagai penyebab utama merebaknya gigi berlubang. Petani mungkin sudah terbiasa menggunakan alat-alat batu untuk mengebor gigi berlubang sejak 9.000 tahun lalu.

Stefano Benazzi, antropolog University of Bologna, pada tah…