Skip to main content

Pemburu-Pengumpul Briton Mengimpor Gandum 8.000 Tahun Lalu

www.LaporanPenelitian.com - Gandum mencapai Inggris sebelum pertanian, pemburu-pengumpul mungkin telah memperdagangkan produk pertanian 8.000 tahun lalu.

Pemburu-pengumpul yang hidup di pesisir pantai selatan Inggris mengimpor gandum 2.000 tahun sebelum fajar pertanian di Kepulauan Inggris.

Sampai saat ini, para peneliti menyatakan petani bermigrasi ke Eropa atau bertahap mengkoversi gaya hidup berburu menjadi bertani. Perdagangan antara pemburu-pengumpul dan petani meletakkan dasar penyebaran pertanian.

DNA diekstraksi dari tanah berdating 8.000 tahun di Bouldnor Cliff yang kini terendam air cocok dengan gandum pertanian awal di Turki yang sudah membudaya 10.500 tahun lalu.

Oliver Smith, arkeogenetikawan University of Warwick, dan rekan juga menemukan alat-alat batu dan sisa-sisa lain aktivitas manusia. Mereka mendating DNA dari 4 sampel dari rawa gambut sebelum tergenang air 8.000 tahun lalu.
Sedimentary DNA from a submerged site reveals wheat in the British Isles 8000 years ago

Oliver Smith1 et al.
  1. School of Life Sciences, University of Warwick, Coventry CV4 7AL, UK
Science, 27 February 2015, DOI:10.1126/science.1261278. Gambar: Roland Brookes/The Maritime Trust

Comments

Popular

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Tungau Wajah Demodex folliculorum dan Demodex brevis

www.LaporanPenelitian.com - Tungau kecil merayap di seluruh wajah Anda, tes DNA mengungkap kemahahadiran 2 spesies arakhnida hidup di kulit manusia. Demodex folliculorum dan Demodex brevis adalah teman dunia luar Anda paling intim.

Pemburu-Pengumpul Zaman Batu Mengobati Sakit Gigi Pakai Alat Batu dan Aspal

Penelitian ~ Pemburu-pengumpul Zaman Batu mengobati sakit gigi menggunakan alat tajam dan tar. Dokter gigi tidak mengebor dan menambal, tapi menggores dan melapisi. Temuan gigi menambah bukti bahwa beberapa bentuk kedokteran gigi telah muncul selama setidaknya 14.000 tahun lalu.

Dua gigi dari orang yang tinggal di Italia utara 13.000 hingga 12.740 tahun lalu menanggung tanda-tanda seseorang telah menghapus infeksi jaringan lunak bagian dalam. Daerah yang diolah kemudian ditutup dengan zat lengket seperti tar menggunakan alat batu, para ilmuwan melaporkan ke American Journal of Physical Anthropology.

Temuan menunjukkan bahwa teknik untuk menghapus bagian-bagian gigi yang terinfeksi gigi telah dikembangkan ribuan tahun sebelum fajar pertanian yang kaya diet karbohidrat sebagai penyebab utama merebaknya gigi berlubang. Petani mungkin sudah terbiasa menggunakan alat-alat batu untuk mengebor gigi berlubang sejak 9.000 tahun lalu.

Stefano Benazzi, antropolog University of Bologna, pada tah…