Skip to main content

Rakasa Lubang Hitam Kuno Bermassa 12 Miliar Kali Matahari

LaporanPenelitian.com - Rakasa lubang hitam bersembunyi di alam semesta awal, mega black hole tumbuh bermassa 12 miliar kali Matahari dalam waktu kurang dari 900 juta tahun.

Beberapa orok lubang hitam sangat serakah. Quasar SDSS J010013.02+280225.8 menelan massa 12 miliar Matahari pada saat alam semesta baru berumur 860 juta tahun.

Lubang hitam paling besar yang dikenal di kala alam semesta awal atau 6 kali massa lubang hitam lainnya dari waktu yang sama. Objek tumbuh super cepat yang belum pernah terlihat dalam tes teori evolusi kosmik.

Xue-Bing Wu, astronom Peking University di Beijing dan rekan menggunakan Teleskop Lijiang di Yunnan melihat objek terang dan merah. Spektrum cahaya adalah quasar kuno gravitasi Big bang runtuh.

Upaya berlanjut melibatkan 4 teleskop yang lebih besar di seluruh dunia, lubang hitam supermasif mengintai di tempat paling pusat. Sebelum ini, lubang hitam paling besar berumur kurang dari 1 hanya bermassa 2 miliar Matahari.
An ultraluminous quasar with a twelve-billion-solar-mass black hole at redshift 6.30

Xue-Bing Wu12 et al.
  1. Department of Astronomy, School of Physics, Peking University, Beijing 100871, China
  2. Kavli Institute for Astronomy and Astrophysics, Peking University, Beijing 100871, China
Nature, 25 February 2015, DOI:10.1038/nature14241. Gambar: Zhaoyu Li/Shanghai Astronomical Observatory
Tinuku

Comments

Popular posts from this blog

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Hidup Tanpa Ibu, Bayi Tikus Lahir Sehat Tanpa Pembuahan Sel Telur

Penelitian ~ Membuat bayi semakin mudah tanpa telur bahwa tikus lahir tanpa ibu. Embrio haploid atau parthenogenotes disuntik dengan sperma berhasil berkembang menjadi keturunan yang sehat.

Gambar Tiga Dimensi Struktur Detail Virus Zika Resmi Terbit

Penelitian ~ Struktur virus Zika dipetakan untuk pertama kalinya. Gambar 3D virus tidak hanya memancing inspirasi seni, tapi bisa pula memberi petunjuk bagaimana melawannya.