Skip to main content

Ruby Phyllopteryx dewysea, Spesies Ketiga Naga Laut

LaporanPenelitian.com - Temukan pertama spesies naga laut dalam kurun 150 tahun, kejutan Phyllopteryx dewysea di perairan lepas pantai Australia Barat, hanya spesies ketiga dikenal Seadragon.

Setelah 150 tahun sejak Seadragon terakhir dilaporkan bahwa hanya ada 2 spesies dan tiba-tiba ada spesies ketiga karismatik menunggu begitu lama di lautan untuk dibukukan.

Menggunakan DNA dan anatomi, para ilmuwan menemukan spesies baru ketiga yang dikenal sebagai Naga Laut. Phyllopteryx dewysea juga dijuluki dengan Ruby Seadragon.

CT scan memberi 5.000 irisan X-ray yang mampu merakit model 3D untuk melihat beberapa fitur kerangka yang berbeda dari spesies lain dan genetik menguatkan bukti.

"Kami dalam zaman keemasan teknologi DNA dan taksonomi yang memungkinkan metode temuan spesies baru dari sebelumnya," kata Greg Rouse, oceanografer Scripps Institution of Oceanography.

Spesimen berwarna merah cerah sangat berbeda dari oranye Naga Laut Phycodurus eques dan kuning-ungu Naga Laut Phyllopteryx taeniolatus. Semakin berwarnai indikator semakin mendiami perairan lebih dalam.




A spectacular new species of seadragon (Syngnathidae)

Josefin Stiller1 et al.
  1. Scripps Institution of Oceanography, UCSD, 9500 Gilman Drive, La Jolla, CA 92093-0202, USA
Royal Society Open Science, 18 February 2015, DOI:10.1098/rsos.140458. Gambar: University of California, San Diego/Western Australian Museum; Video: Scripps Institution of Oceanography.
Tinuku

Comments

Popular posts from this blog

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Hidup Tanpa Ibu, Bayi Tikus Lahir Sehat Tanpa Pembuahan Sel Telur

Penelitian ~ Membuat bayi semakin mudah tanpa telur bahwa tikus lahir tanpa ibu. Embrio haploid atau parthenogenotes disuntik dengan sperma berhasil berkembang menjadi keturunan yang sehat.

Gambar Tiga Dimensi Struktur Detail Virus Zika Resmi Terbit

Penelitian ~ Struktur virus Zika dipetakan untuk pertama kalinya. Gambar 3D virus tidak hanya memancing inspirasi seni, tapi bisa pula memberi petunjuk bagaimana melawannya.