Skip to main content

Moratorium Laut Internasional Untungkan Nelayan Pesisir

www.LaporanPenelitian.com - Larangan penangkapan ikan di laut lepas dapat meningkatkan hasil tangkapan global menjadi lebih adil.

Penutupan perairan internasional bagi penangkapan ikan komersial bisa menetralkan distribusi pendapatan lebih adil di antara negara-negara maritim di dunia dan meningkatkan hasil tangkapan pesisir sebesar 18 persen.

"Kita harus menggunakan perairan internasional karena bank ikan dunia," kata U. Rashid Sumaila, ekonom perikanan University of British Columbia di Vancouver.

Hari ini 10 negara menangkap ikan di perairan internasional sebesar 71 persen dari total nilai tangkapan. Untuk semua skenario, negara-negara Eropa, Kelompok negara G-8 dan negara-negara maritim maju memperoleh keuntungan dari moratorium.

Hukuman kepada ilegal-fishing bisa mengimbangi biaya administrasi dan operasional. Amerika Serikat, Guam dan Inggris mengalami peningkatan keuntungan lebih dari US$250 juta per tahun. Kanada meningkat US$125 juta per tahun.

Penutupan perairan internasional menguntungkan nelayan pesisir termasuk Indonesia, tapi beberapa negara kehilangan pendapatan signifikan seperti Korea Selatan, Taiwan dan Jepang masing-masing merugi setidaknya US$800 juta per tahun.

Sumaila mengakui penerapan larangan tangkapan laut lepas perlu upaya besar, tetapi ekspansi besar-besaran manusia ke laut memerlukan reformasi besar tata kelola perairan internasional.
Winners and losers in a world where the high seas is closed to fishing

U. Rashid Sumaila1 et al.
  1. Fisheries Economics Research Unit, Fisheries Centre, University of British Columbia, Vancouver, British Columbia, V6T 1Z4, Canada
Scientific Reports, 12 February 2015, DOI:10.1038/srep08481. Gambar 1: NOAA; Gambar 2: U. Rashid Sumaila et al.
Tinuku

Comments

Popular posts from this blog

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Hidup Tanpa Ibu, Bayi Tikus Lahir Sehat Tanpa Pembuahan Sel Telur

Penelitian ~ Membuat bayi semakin mudah tanpa telur bahwa tikus lahir tanpa ibu. Embrio haploid atau parthenogenotes disuntik dengan sperma berhasil berkembang menjadi keturunan yang sehat.

Gambar Tiga Dimensi Struktur Detail Virus Zika Resmi Terbit

Penelitian ~ Struktur virus Zika dipetakan untuk pertama kalinya. Gambar 3D virus tidak hanya memancing inspirasi seni, tapi bisa pula memberi petunjuk bagaimana melawannya.