Skip to main content

Gigitan Maut Ratzilla Josephoartigasia monesi

www.LaporanPenelitian.com - Ratzilla Josephoartigasia monesi menggunakan gigi seri seperti taring. Tikus terbesar yang pernah hidup menggunakan gigi depan seperti gajah menggunakan gading.

Josephoartigasia monesi saudara jauh kelinci yang tinggal di Amerika Selatan 3 juta tahun lalu adalah hewan pengerat raksasa dengan berat sekitar 1 metrik ton atau setara kerbau yang digali pada tahun 2008.

Fosil sepanjang 3 meter dan tengkorak 53 centimenter memiliki kekuatan rahang dan gigitan 4165 newton atau hampir 3 kali kekuatan gigitan harimau dan buaya yaitu 1400 newton.

"Josephoartigasia harus menggunakan gigi seri lain selain menggigit seperti menggali tanah atau senjata. Sangat mirip bagaimana gajah modern menggunakan taringnya," kata Philip Cox, arkeolog University of York di UK

Cox dan rekan menggunak CT scanning dan rekonstruksi virtual tengkorak untuk analisis elemen hingga teknik rekayasa memprediksi tekanan dan ketegangan dalam objek geometris yang kompleks.
Predicting bite force and cranial biomechanics in the largest fossil rodent using finite element analysis

Philip G. Cox1 et al.
  1. Department of Archaeology and Hull York Medical School, University of York, York, UK
Journal of Anatomy, 4 FEB 2015, DOI:10.1111/joa.12282. Gambar: James Gurney

Comments

Popular

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Tungau Wajah Demodex folliculorum dan Demodex brevis

www.LaporanPenelitian.com - Tungau kecil merayap di seluruh wajah Anda, tes DNA mengungkap kemahahadiran 2 spesies arakhnida hidup di kulit manusia. Demodex folliculorum dan Demodex brevis adalah teman dunia luar Anda paling intim.

Pemburu-Pengumpul Zaman Batu Mengobati Sakit Gigi Pakai Alat Batu dan Aspal

Penelitian ~ Pemburu-pengumpul Zaman Batu mengobati sakit gigi menggunakan alat tajam dan tar. Dokter gigi tidak mengebor dan menambal, tapi menggores dan melapisi. Temuan gigi menambah bukti bahwa beberapa bentuk kedokteran gigi telah muncul selama setidaknya 14.000 tahun lalu.

Dua gigi dari orang yang tinggal di Italia utara 13.000 hingga 12.740 tahun lalu menanggung tanda-tanda seseorang telah menghapus infeksi jaringan lunak bagian dalam. Daerah yang diolah kemudian ditutup dengan zat lengket seperti tar menggunakan alat batu, para ilmuwan melaporkan ke American Journal of Physical Anthropology.

Temuan menunjukkan bahwa teknik untuk menghapus bagian-bagian gigi yang terinfeksi gigi telah dikembangkan ribuan tahun sebelum fajar pertanian yang kaya diet karbohidrat sebagai penyebab utama merebaknya gigi berlubang. Petani mungkin sudah terbiasa menggunakan alat-alat batu untuk mengebor gigi berlubang sejak 9.000 tahun lalu.

Stefano Benazzi, antropolog University of Bologna, pada tah…