Skip to main content

Cincin Raksasa Super-Saturnus di Exoplanet J1407b

LaporanPenelitian.com - Cincin raksasa mengelilingi planet muda, meregang 90 juta kilometer dari pusat, garis-garis debu mungkin materi pembuat bulan.

Super-Saturnus dengan cincin bersar-besaran di sekitar exoplanet J1407b. Tiga puluh tujuh cincin berderet selebar 90 juta kilometer dalam diameter 120 juta kilometer. Lebih dari setengah jarak Bumi-Matahari.

Dunia bercincin pertama ditemukan di luar Tata Surya sejauh 434 tahun cahaya di konstelasi Centaurus. Satu celah besar di cincin mungkin menyatu menjadi exomoon dengan massa 80 persen Bumi.

Planet J1407b mengorbit bintang muda 1SWASP J140747.93-394542.6 (untuk pendek J1407) dan memiliki periode orbit sekitar 10 tahun. Massa planet paling mungkin dalam kisaran sekitar 10-40 kali massa Jupiter.

"J1407b jauh lebih besar dari Jupiter atau Saturnus dan sistem cincin sekitar 200 kali cincin Saturnus hari ini. Anda bisa menganggapnya semacam super-Saturnus," kata Eric Mamajek, astronom University of Rochester.
Modeling giant extrasolar ring systems in eclipse and the case of J1407b: sculpting by exomoons?

Matthew A. Kenworthy, Eric E. Mamajek

arXiv (Submitted on 22 Jan 2015), arXiv:1501.05652. Gambar: Ron Miller

Comments

Popular

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Tungau Wajah Demodex folliculorum dan Demodex brevis

www.LaporanPenelitian.com - Tungau kecil merayap di seluruh wajah Anda, tes DNA mengungkap kemahahadiran 2 spesies arakhnida hidup di kulit manusia. Demodex folliculorum dan Demodex brevis adalah teman dunia luar Anda paling intim.

Pemburu-Pengumpul Zaman Batu Mengobati Sakit Gigi Pakai Alat Batu dan Aspal

Penelitian ~ Pemburu-pengumpul Zaman Batu mengobati sakit gigi menggunakan alat tajam dan tar. Dokter gigi tidak mengebor dan menambal, tapi menggores dan melapisi. Temuan gigi menambah bukti bahwa beberapa bentuk kedokteran gigi telah muncul selama setidaknya 14.000 tahun lalu.

Dua gigi dari orang yang tinggal di Italia utara 13.000 hingga 12.740 tahun lalu menanggung tanda-tanda seseorang telah menghapus infeksi jaringan lunak bagian dalam. Daerah yang diolah kemudian ditutup dengan zat lengket seperti tar menggunakan alat batu, para ilmuwan melaporkan ke American Journal of Physical Anthropology.

Temuan menunjukkan bahwa teknik untuk menghapus bagian-bagian gigi yang terinfeksi gigi telah dikembangkan ribuan tahun sebelum fajar pertanian yang kaya diet karbohidrat sebagai penyebab utama merebaknya gigi berlubang. Petani mungkin sudah terbiasa menggunakan alat-alat batu untuk mengebor gigi berlubang sejak 9.000 tahun lalu.

Stefano Benazzi, antropolog University of Bologna, pada tah…