Skip to main content

Siklus Peredupan Quasar SDSS J015957.64+003310.5

www.LaporanPenelitian.com - Sebuah tim melaporakan pertama kali perubahan fitur quasar, benda berkilau di luar yang tampaknya memiliki saklar dimmer sendiri.

Pertama kali ditemukan sebagai sumber keras radio pada tahun 1950-an, quasar adalah core galaksi di mana lubang hitam supermasif bersantap. Cambuk gas dan debu mengorbit di sekitar lubang hitam.

Area kecamuk neraka sehingga menghamburkan cahaya di semua panjang gelombang. Medan magnet kuat lubang hitam dari kutup disk berputar meludahkan partikel.

Para astronom melihat mancur kutub sebagai jet raksasa dalam gelombang radio dan sinar-X. Bahkan melintasi jarak jauh, core galaksi bersinar seperti bintang yang pertama kali dideskripsi sebagai sumber radio kuasi-bintang.

Quasar memegang obyek paling terang di seluruh alam semesta. Sampai hari ini, para astronom belum mampu mampu mempelajari kedua fase terang dan redup quasar dalam satu sumber.

"Kita melihat ratusan ribu quasar pada saat ini dan sekarang kami menemukan satu telah meredup yang memberitahu kita tentang hidup mereka," kata Megan Urry, astronom Yale Center for Astronomy & Astrophysics.

SDSS J015957.64+003310.5 atau J0159+003 selama penyelidikan di bidang ekuator langit yang dicitrakan lebih dari 10 kali oleh Sloan Digital Sky Survey selama tahun 2000-2008.

"Seperti sebuah saklar dimmer. Siklus hidup quasar salah satu misteri, menangkap satu dalam perubahan menjadi menakjubkan dalam seumur hidup manusia," kata Stephanie LaMassa, astronom Yale Center for Astronomy & Astrophysics.

Bahkan lebih signifikan bagi astronom adalah melemahnya garis emisi luas yang J0159+003. Terlihat pada spektrum optik, garis-garis emisi luas adalah tanda tangan gas jauh hidangan lubang hitam.

"Meskipun para astronom telah mempelajari quasar selama lebih dari 50 tahun, ini menarik bahwa orang seperti saya yang mempelajari lubang hitam selama hampir satu dekade dapat menemukan sesuatu yang sama sekali baru," kata LaMassa.
The Discovery of the First "Changing Look" Quasar: New Insights into the Physics & Phenomenology of AGN

Stephanie M. LaMassa, Sabrina Cales, Edward C. Moran, Adam D. Myers, Gordon T. Richards, Michael Eracleous, Timothy M. Heckman, Luigi Gallo, C. Meg Urry

arXiv, last revised 20 Jan 2015, arXiv:1412.2136. Gambar: ESO/M. Kornmesser
Tinuku

Comments

Popular posts from this blog

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Hidup Tanpa Ibu, Bayi Tikus Lahir Sehat Tanpa Pembuahan Sel Telur

Penelitian ~ Membuat bayi semakin mudah tanpa telur bahwa tikus lahir tanpa ibu. Embrio haploid atau parthenogenotes disuntik dengan sperma berhasil berkembang menjadi keturunan yang sehat.

Gambar Tiga Dimensi Struktur Detail Virus Zika Resmi Terbit

Penelitian ~ Struktur virus Zika dipetakan untuk pertama kalinya. Gambar 3D virus tidak hanya memancing inspirasi seni, tapi bisa pula memberi petunjuk bagaimana melawannya.