Saturday, January 17, 2015

3 Exoplanet Baru Seukuran Bumi Mengorbit Bintang Terdekat

www.LaporanPenelitian.com - Tiga planet hampir seukuran Bumi mengorbit bintang terdekat. Meski tertatih-tatih, NASA Kepler Space Telescope menemukan janji dunia harapan.

Sistem bintang dengan 3 planet hanya sedikit lebih besar dari Bumi dan orbit planet terluar dalam zona Goldilocks di mana suhu permukaan cukup moderat bagi air cair dan mungkin eksistensi kehidupan.

Bintang EPIC 201367065 adalah M kurcaci merah dingin atau setengah massa Matahari. Pada jarak 150 tahun cahaya, 10 bintang terdekat dari Matahari diketahui memiliki planet transit.

Kedekatan bintang berarti cukup terang bagi para astronom untuk menyelidiki atmosfer planet dan menentukan apakah mereka seperti atmosfer Bumi dan mungkin kondusif bagi kehidupan.

"Atmosfer tipis yang tersusun dari nitrogen dan oksigen memungkinkan kehidupan berkembang di Bumi. Tapi alam semesta penuh kejutan," kata Ian Crossfield, astronom University of Arizona.

"Banyak exoplanets ditemukan misi Kepler diselimuti tebal atmosfer kaya hidrogen yang mungkin tidak seperti kehidupan seperti yang kita duga," kata Crossfield.

Ketiga planet setara 2.1, 1.7 dan 1.5 kali ukuran Bumi. Planet terkecil dan terluar memiliki jari-jari 1,5 kali Bumi, mengorbit cukup jauh dari bintang host dan menerima tingkat cahaya serupa dengan yang diterima Bumi dari Matahari.

"Sebagian besar planet yang ditemukan sampai saat ini hangus. Sistem ini adalah bintang terdekat dengan planet transit bersuhu suam-suam kuku," kata Erik Petigura, astronom University of California, Berkeley.

Ratusan exoplanet ditemukan sampai hari ini memunculkan banyak pertanyaan para astronom apakah dunia baru benar-benar seperti Bumi. Laporan baru dapat membantu menyelesaikan pertanyaan ini.

"Ada kemungkinan sangat nyata sistem planet terluar berbatu seperti Bumi yang berarti memiliki suhu tepat untuk mendukung lautan air cair," kata Petigura.
A nearby M star with three transiting super-Earths discovered by K2

Ian J. M. Crossfield, Erik Petigura, Joshua Schlieder, Andrew W. Howard, B.J. Fulton, Kimberly M. Aller, David R. Ciardi, Sebastien Lepine, Thomas Barclay, Imke de Pater, Katherine de Kleer, Elisa V. Quintana, Jessie L. Christiansen, Eddie Schlafly, Lisa Kaltenegger, Justin R. Crepp, Thomas Henning, Christian Obermeier, Niall Deacon, Brad M. S. Hansen, Michael C. Liu, Tom Greene, Steve B. Howell, Travis Barman, Christoph Mordasini

arXiv, Submitted on 15 Jan 2015, arXiv:1501.03798.
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment