Wednesday, January 14, 2015

Kadal Anolis Mengevolusi Penis Super Cepat

LaporanPenelitian.com - Kadal mengevolusi penis super cepat. Pada beberapa kadal, penis berevolusi sangat cepat hingga 6 kali lebih cepat dari fitur lainnya.

Membuahi teluar adalah bisnis rumit. Untuk mengemban tugas, alat kelamin laki-laki datang dalam berbagai bentuk dan ukuran, bahkan di antara spesies yang terkait erat.

Hipotesis bahwa alat kelamin berevolusi lebih cepat dibanding organ tubuh lain telah bergulir lama. Sekarang para ilmuwan memiliki dukungan. Penis berkembang sangat cepat ditunjukkan kadal Karibia pertama kalinya.

Julia Klaczko, zoolog Harvard University, dan rekannya membandingkan 25 spesies kadal Anolis dalam bentuk penis untuk sifat non-seksual yaitu panjang dan ukuran lipatan kulit leher.

Hemipenis datang dalam berbagai bentuk, tetapi Klaczko fokus pada panjang, lebar dan lobus. Mereka melihat seberapa cepat fitur ini berubah pada pohon keluarga Anolis. Hemipenis berkembang 6 kali lebih cepat dari ciri-ciri lainnya.

"Perbedaan panjang adalah temuan besar," kata Klaczko.

Ukuran besar menjadi dambaan, tetapi hanya penis panjang yang melayani tusukan mendalam. Evolusi cepat dapat dijelaskan oleh preferensi liang vagina perempuan yang lebih cocok untuk merangsang bentuk baru penis laki-laki.

Atau sebagai perlombaan senjata gender, alat kelamin Anolis perempuan hanya sesuai dengan bentuk penis yang sesuai. Jadi kemungkinan bahwa alat kelamin perempuan berevolusi dengan cepat pula.
Genitals evolve faster than other traits in Anolis lizards

J. Klaczko1,2,3 et al.
  1. Museum of Comparative Zoology, Harvard University, Cambridge, MA, USA
  2. Department of Organismic and Evolutionary Biology, Harvard University, Cambridge, MA, USA
  3. Departamento de Biologia Animal, Instituto de Biologia, Universidade Estadual de Campinas, Campinas, Brazil
Journal of Zoology, 5 JAN 2015, DOI: 10.1111/jzo.12178. Gambar: Wikimedia Commons
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment