Monday, December 29, 2014

Peta Bahasa Global Untuk Menyebarkan Ide Terbaik

LaporanPenelitian.com - Ingin mempengaruhi dunia? Berbicara atau menulislah dalam bahasa Inggris dan dunia akan mendengar Anda.

Metode baru pemetaan arus informasi di seluruh dunia untuk mengidentifikasi mana bahasa terbaik untuk menyebarkan ide-ide Anda jauh meluas.

Berbicara atau menulis dalam Bahasa Tamil atau Portugis mungkin sulit untuk menyebarkan pesan Anda. Jika Anda ingin mempertimbangkan bahasa kedua, cobalah Bahasa Spanyol, bukan China.

"Saya bisa menjembatani kesenjangan budaya tertentu karena saya multi-bahasa," kata Shahar Ronen, programer Massachusetts Institute of Technology (MIT).

Buku berbahasa Ibrani yang diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris dan Jerman mewakili garis yang menunjuk simpul bahasa Ibrani ke kelenjar Bahasa Inggris dan Jerman.

Ketika konflik di Ukraina berkobar tahun ini kebanyakan orang di dunia mengetahui melalui berita aslinya yang ditulis dalam bahasa Inggris dan kemudian diterjemahkan ke bahasa lain.

Ronen dan rekan memecahkan masalah dengan mendeskripsi 3 jaringan bahasa global berdasarkan Twitter bilingual, buku terjemahan dan suntingan multi-bahasa di Wikipedia.

Peta dibangun dari 2,2 juta terjemahan buku cetak yang diterbitkan lebih dari 1000 bahasa, 550 juta tweet oleh 17 juta pengguna di 73 bahasa dan Wikipedia yang disunting dalam 5 bahasa.

Bahasa Inggris memiliki transmisi paling kuat dan merupakan "hub" paling sentral. Peta juga mengungkap "hub menengah" yaitu Bahasa Perancis, Jerman, dan Rusia yang melayani fungsi sama dalam skala berbeda.

Sebaliknya, beberapa bahasa dengan populasi besar seperti Mandarin, Hindi dan Arab relatif terisolasi dalam jaringan. Ini berarti komunikasi lebih sedikit dalam bahasa-bahasa tersebut mencapai penutur bahasa lain.

Bahasa Belanda dituturkan oleh 27 juta orang menjadi saluran proporsional besar dibandingkan Bahasa Arab yang memiliki 530 juta penutur asli. Artinya Bahasa Belanda sangat multi-bahasa dan sangat online.
Links that speak: The global language network and its association with global fame

Shahar Ronen1 et al.
  1. Macro Connections, Media Lab, Massachusetts Institute of Technology, Cambridge, MA 02139
Proceedings of the National Academy of Sciences, 15 December 2014, DOI:10.1073/pnas.1410931111. Gambar: Shahar Ronen et al
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment