Thursday, December 18, 2014

Wifi Implan Otak Kendalikan Lengan Robot

Penelitian - Seorang wanita lumpuh dari leher ke bawah sekarang bisa ambil coklat dan bola dengan lengan robot hanya dengan berpikir.

Jan Scheuermann (55) yang kehilangan kendali atas tubuhnya pada tahun 2003 membuat gerakan tangan rumit menggunakan lengan robot untuk mengambil dan memindahkan berbagai benda.

Jennifer Collinger dari University of Pittsburgh, Pennsylvania, dan rekan menggunakan 2 grid elektroda kecil yang ditanamkan ke dalam otak Scheuermann di wilayah motor korteks kiri.

"Saya beruntung menjadi bagian dari ini. Mereka tanpa pamrih. Ada banyak momen emosional ketika kami tertawa dan menangis di laboratorium dan ini benar-benar menyenangkan," kata Collinger.

Perangkat terhubung ke komputer menganalisis aktivitas listrik otak dan dikirim ke 96 titik kontak dalam grid. Algoritma komputer belajar mencocokkan pola listrik hasil pikiran Scheuermann tentang gerakan-gerakan tertentu.

Pola-pola diterjemahkan ke dalam gerakan nyata lengan robot. Versi terbaru algoritma mendeteksi 4 pola aktivitas yang berhubungan dengan bentuk tangan, menyendok, ibu jari dan mencubit.

Perbaikan memungkinkan Scheuermann mengontrol anggota tubuh buatan dengan 10 derajat kebebasan secara bersamaan. Berbagai yang gerak belum pernah dicapai dengan cara ini sebelumnya.



Ten-dimensional anthropomorphic arm control in a human brain-machine interface: difficulties, solutions, and limitations

B Wodlinger1,2 et al.
  1. Department of Physical Medicine and Rehabilitation, University of Pittsburgh, Pittsburgh, PA, USA
  2. Center for the Neural Basis of Cognition, Pittsburgh, PA, USA
Journal of Neural Engineering, 16 December 2014, DOI:10.1088/1741-2560/12/1/016011. Gambar: UPMC; Video: B Wodlinger et al.
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment