Monday, December 15, 2014

Deteksi Real Time Ledakan Radio Dari Luar Bima Sakti

Laporan Penelitian - Semburan radio dari luar Bima Sakti harus terdeteksi secara real time. Sinyal extragalaktik sekilas tidak disebabkan ledakan bintang.

Ketika pertama kalinya astronom menangkap sebuah ledakan gelombang radio dari luar Bima Sakti yang sulit dipahami. Harapan dalam genggaman.

CSIRO Parkes Radio Telescope di Australia otomatis mendeteksi setiap semburan cepat radio dalam waktu 10 detik dari kedatangan dan memberitahu teleskop lainnya.

Dalam beberapa jam, 12 teleskop yang mencakup spektrum elektromagnetik mencoba untuk melihat sekilas apa yang menyebabkan ledakan. Tapi tidak menemukan apapun.

Sembilan ledakan dilaporkan sejak tahun 2007. Emily Petroff, astrofisikawan Swinburne University of Technology di Australia, dan rekan menghitung asal ledakan ini tak lebih 6 miliar tahun cahaya di konstelasi Aquarius.

Karena observatorium lain tidak mendeteksi maka perasaan memudar pada setiap panjang gelombang cahaya, para peneliti mengatakan ledakan bintang seperti supernova atau ledakan sinar gamma bukan pelakunya.

Deteksi real time sangat penting untuk memahami penyebab semburan yang berlangsung hanya beberapa milidetik. Memecahkan misteri ini juga memerlukan deteksi secara simultan di beberapa poin di mana sinyal langit berasal.
A real-time fast radio burst: polarization detection and multiwavelength follow-up

E. Petroff, M. Bailes, E. D. Barr, B. R. Barsdell, N. D. R. Bhat, F. Bian, S. Burke-Spolaor, M. Caleb, D. Champion, P. Chandra, G. Da Costa, C. Delvaux, C. Flynn, N. Gehrels, J. Greiner, A. Jameson, S. Johnston, M. M. Kasliwal, E. F. Keane, S. Keller, J. Kocz, M. Kramer, G. Leloudas, D. Malesani, J. S. Mulchaey, C. Ng, E. O. Ofek, D. A. Perley, A. Possenti, B. P. Schmidt, Yue Shen, B. Stappers, P. Tisserand, W. van Straten, C. Wolf

arXiv (Submitted on 1 Dec 2014), arXiv:1412.0342
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment