Friday, December 12, 2014

Partikel Bermuatan Sinar Kosmik Membentuk Galaksi

Laporan Penelitian - Sinar kosmik pendorong roda galaksi, partikel bermuatan mendorong angin meluncur dalam ruang bertanggung jawab bentuk spiral galaksi.

Sebuah galaksi dimemulai sebagai gumpalan bergolak gas raksasa. Berputar agak mendatar, tapi tidak bisa menjelaskan struktur disk elegan galaksi matang seperti Bima Sakti.

Angin kosmik adalah salah satu penjelasan yang mungkin. Ledakkan material dari bidang galaksi mengemudi ke luar dan memaksa galaksi menjadi datar dan tipis. Tapi bagaimana angin muncul? Tetap menjadi misteri.

Munier Salem, astronom Columbia University di New York, dan rekan berpikir sinar kosmik adalah pengerak roda galaksi. Partikel bermuatan meluncur cepat keluar dari perut bintang ketika meledak sebagai supernova.

Partikel bermuatan zip ke galaksi mendekati kecepatan cahaya, mendorong angin cukup kuat mengukir galaksi. Sinar kosmik tidak banyak berinteraksi dengan gas ruang antar bintang, tetapi berinteraksi dengan medan magnet.

"Mereka mendorong garis-garis medan di sekitarnya dan garis-garis medan mendorong gas sekitarnya," kata Munier Salem, astronom Columbia University di New York.

Angin kosmik merupakan unsur penting dari galaksi, hembusan material bergerak di sekitar galaksi muda. Sebuah simulasi kosmologis untuk pertama kalinya menunjukkan sinar kosmik galaksi seukuran Bima Sakti.
Cosmological simulations of galaxy formation with cosmic rays

Munier Salem, Greg L. Bryan, Cameron Hummels

arXiv (Submitted on 1 Dec 2014), arXiv:1412.0661
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment