Skip to main content

Teman Ringankan Stres Barbary Macaques (Macaca sylvanus)

LaporanPenelitian.com - Ikatan sosial membantu Monyet Barbary Macaques (Macaca sylvanus) jantan di Maroko meringankan efek buruk stres sehari-hari.

Biasanya primata jantan bersama laki-laki lain cenderung berkelahi memperebutkan perempuan. Tapi di antara Barbary laki-laki dengan ikatan sosial yang kuat memiliki hormon stres lebih rendah.

Ketika dipukul nasib dan tekanan keadaan yang sudah keterlaluan, kera jantan bertahan dengan sedikit bantuan dari rekan-rekan mereka. Konfrontasi dan bullying menjadi sedikit terobati.

Tim primatolog melaporan temuan baru harus didengar para istri bahwa setiap suami membutuhkan waktu untuk keluar malam atau sekedar minum bir bersama teman-temannya.

Tingkat hormon stres melambung ketika kera jantan bersama pasangan mereka atau anggota keluarga lainnya. Tapi ketika Monyet Barbary Macaques (Macaca sylvanus) nongkrong dalam kelompok laki-laki lain, mereka jauh lebih santai.

Bergurau dengan teman-teman juga saling menjaga, mungkin melakukan hal-hal dengan saling memperhatikan satu sama lain sambil memilih serangga dan kutu dari bulu masing-masing.

"Jika primata jantan hidup dalam kelompok multimale mereka biasanya bertarung sengit untuk akses perempuan," kata Christopher Young, primatolog Georg-August University Göttingen di Jerman.

"Tapi laki-laki dapat mengembangkan hubungan yang ramah dengan beberapa teman. Monyet laki-laki membentuk ikatan sosial mirip persahabatan manusia yang menyangga mereka menghadapi stres sehari-hari," kata Young.
Responses to social and environmental stress are attenuated by strong male bonds in wild macaques

Christopher Young1,2 et al.
  1. Primate Social Evolution Group, Courant Research Centre Evolution of Social Behaviour, Georg-August University, Göttingen 37077, Germany
  2. Applied Behavioural Ecology and Ecosystems Research Unit, University of South Africa, Florida 1710, South Africa
Proceedings of the National Academy of Sciences, 8 December 2014, DOI:10.1073/pnas.1411450111. Gambar: Karyn Sig via Wikimedia Commons.

Comments

Popular

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Tungau Wajah Demodex folliculorum dan Demodex brevis

www.LaporanPenelitian.com - Tungau kecil merayap di seluruh wajah Anda, tes DNA mengungkap kemahahadiran 2 spesies arakhnida hidup di kulit manusia. Demodex folliculorum dan Demodex brevis adalah teman dunia luar Anda paling intim.

Pemburu-Pengumpul Zaman Batu Mengobati Sakit Gigi Pakai Alat Batu dan Aspal

Penelitian ~ Pemburu-pengumpul Zaman Batu mengobati sakit gigi menggunakan alat tajam dan tar. Dokter gigi tidak mengebor dan menambal, tapi menggores dan melapisi. Temuan gigi menambah bukti bahwa beberapa bentuk kedokteran gigi telah muncul selama setidaknya 14.000 tahun lalu.

Dua gigi dari orang yang tinggal di Italia utara 13.000 hingga 12.740 tahun lalu menanggung tanda-tanda seseorang telah menghapus infeksi jaringan lunak bagian dalam. Daerah yang diolah kemudian ditutup dengan zat lengket seperti tar menggunakan alat batu, para ilmuwan melaporkan ke American Journal of Physical Anthropology.

Temuan menunjukkan bahwa teknik untuk menghapus bagian-bagian gigi yang terinfeksi gigi telah dikembangkan ribuan tahun sebelum fajar pertanian yang kaya diet karbohidrat sebagai penyebab utama merebaknya gigi berlubang. Petani mungkin sudah terbiasa menggunakan alat-alat batu untuk mengebor gigi berlubang sejak 9.000 tahun lalu.

Stefano Benazzi, antropolog University of Bologna, pada tah…