Wednesday, December 10, 2014

Nidelric pugio Spesies Laut Kambrium Berbentuk Balon

LaporanPenelitian.com - Nidelric pugio adalah deposit kambrium hewan kuno berbentuk balon dalam permadani gudang harta karun laut purba Bumi.

Fosil langka membuka kembali kekuasaan kuno di laut 520 juta tahun lalu, ketika itu chancelloriidae, sekelompok hewan aneh berbentuk balon dengan kerangka luar duri defensif, dalam proses fosilisasi seperti sarang burung tergencet.

"Hanya ada satu fosil hewan misterius ini setelah 30 tahun pengumpulan data dengan rekan di Chengjiang China. Sangat jarang terjadi dan variasi bentuk hewan awal," kata Thomas Harvey, geolog University of Leicester di UK.

Di Chengjiang County, Cina selatan, batu Kambrium berdating 520 juta tahun menghasilkan beragam fosil terawetkan dengan jejak anatomi lunak termasuk kaki, mata, perut dan bahkan otak.

Di antara fosil banyak hewan yang bisa terkait langsung dengan bentuk modern termasuk saudara leluhur jauh arthropoda seperti kepiting dan lobster serta berbagai macam cacing.

Ada juga beberapa fosil misterius yang tampaknya tidak cocok dengan apa yang hidup saat ini dan di antara ini adalah chancelloriids. Dunia fosil memberi pandangan yang belum pernah terlihat sebelumnya hidup di laut purba Bumi.

Paleontolog biasanya hanya mendapatkan sisa-sisa hancur kerangka purba. Tapi spesimen Nidelric pugio terlihat bagaimana semua bagian berbeda dari kerangka saling menempel.

Pemahaman baru bagaimana awal hewan berfungsi, bagaimana mereka berinteraksi dengan hewan lain dan bagaimana mereka mungkin mengembangkan strategi melindungi diri dari predator.
A chancelloriid-like metazoan from the early Cambrian Chengjiang Lagerstätte, China

Xianguang Hou1 et al.
  1. Yunnan Key Laboratory for Palaeobiology, Yunnan University, Kunming 650091, China
Scientific Reports, 09 December 2014, DOI:10.1038/srep07340. Gambar: Derek J Siveter of Oxford University
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment