Wednesday, December 10, 2014

MY Camelopardalis Proses Merger Dua Bintang

Laporan Penelitian - Sebuah tabrakan bintang membiarkan astronom mengintip kelahiran bintang jumbo, para astronom menonton 2 bintang bergerak menuju satu sama lain.

Bintang rakasasa MY Camelopardalis (MY Cam) adalah gabungan 2 bintang biru raksasa, para ilmuwan sedang dalam proses konfirmasi teori lama tentang bagaimana bintang supermasif lahir.

Objek terang di gugus bintang yang selama puluhan tahun dianggap bintang tunggal sebenarnya 2 bintang besar dalam proses pembauran, sistem biner terletak sekitar 13.000 tahun cahaya dari Bumi di Rasi Jerapah.

Spektrum resolusi tinggi teleskop 2,2 meter di Calar Alto Observatory di selatan Spanyol, para peneliti mampu mengukur masing-masing bintang termasuk suhu permukaan dan ukuran.

Cahaya rinci objek seperti yang terlihat dari Bumi adalah gerhana bintang biru terang. Sistem berisi 2 bintang dengan massa 38 kali dan 32 kali massa Matahari yang berputar sekali setiap 28 jam.

MY Camelopardalis terbentuk hanya 2 juta tahun lalu, mengorbit satu sama lain begitu erat bahwa lapisan luar berada dalam kontak. Tidak jelas berapa lama waktu dibutuhkan untuk sepenuhnya bergabung atau apa yang akan terjadi.

Teori evolusi bintang menyarankan bintang bergabung membuat ledakan yang melepaskan energi besar, teori lain mengatakan acara ini hanya mengakibatkan pembakaran lebih cepat dibanding bintang sendirian.

Apapun dan emtah bagaiaman Camelopardalis MY menjadi contoh pertama yang diketahui dari sistem biner dalam perjalanan menuju terbentuknya bintang tunggal supermasif.
MY Camelopardalis, a very massive merger progenitor

J. Lorenzo, I. Negueruela, A.K.F. Val Baker, M. García, S. Simón-Díaz, P. Pastor, M. Méndez Majuelos

arXiv, Submitted on 21 Oct 2014, arXiv:1410.5575. Gambar: Javier Lorenzo/Universidad de Alicante
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment