Skip to main content

Mitos Ikan Buntal Pelana Hitam (Canthigaster valentini)

Laporan Penelitian - Merobohkan mitos Ikan Buntal Pelana Hitam (Canthigaster valentini) menahan nafas. Duo peneliti mematahkan mitos tidak bernapas saat kembung.

Untuk menangkis predator, Ikan Buntal membual dengan membusungkan tubuh menjadi besar yang diisi air seperti anda mengembungkan pipi seperti balon dan menahan napas ketika pesta helloween.

Para ilmuwan mengangkat beberapa Ikan Buntal Pelana Hitam (Canthigaster Valentini) dari Great Barrier Reef ke lab untuk simulasi serangan predator kemudian tes respirasi bahwa buntal tidak benar-benar berhenti bernapas.

Respirometer mengukur bahwa ikan terus bernapas selama proses membusungkan diri. Teori sebelumnya menunjukkan selama inflasi, respirasi mungkin terjadi melalui kulit. Tapi ini juga tampaknya salah.

Kadar oksigen dalam tangki yang menampung ikan terus menurun bahwa buntal terus bernapas dengan insang seperti biasa. Bahkan respirasi meningkat 5 kali lipat selama proses inflasi.

Peneliti juga mencatat intimidasi kesombongan meminta ongkos mahal. Proses inflasi sangat melelahkan dan buntal hanya bisa melakukannya beberapa kali berturut-turut sebelum tubuh terlalu lelah untuk mencoba lagi.
All puffed out: do pufferfish hold their breath while inflated?

Georgia Evelyn McGee1, Timothy Darren Clark2
  1. AIMS@JCU Collaborative Program, School of Marine and Tropical Biology, James Cook University, Townsville, Queensland 4811, Australia
  2. Australian Institute of Marine Science, PMB 3 Townsville MC, Townsville, Queensland 4810, Australia
Biology Letters, 3 December 2014, DOI:10.1098/rsbl.2014.0823. Gambar: Phil Mercurio

Comments

Popular

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Tungau Wajah Demodex folliculorum dan Demodex brevis

www.LaporanPenelitian.com - Tungau kecil merayap di seluruh wajah Anda, tes DNA mengungkap kemahahadiran 2 spesies arakhnida hidup di kulit manusia. Demodex folliculorum dan Demodex brevis adalah teman dunia luar Anda paling intim.

Pemburu-Pengumpul Zaman Batu Mengobati Sakit Gigi Pakai Alat Batu dan Aspal

Penelitian ~ Pemburu-pengumpul Zaman Batu mengobati sakit gigi menggunakan alat tajam dan tar. Dokter gigi tidak mengebor dan menambal, tapi menggores dan melapisi. Temuan gigi menambah bukti bahwa beberapa bentuk kedokteran gigi telah muncul selama setidaknya 14.000 tahun lalu.

Dua gigi dari orang yang tinggal di Italia utara 13.000 hingga 12.740 tahun lalu menanggung tanda-tanda seseorang telah menghapus infeksi jaringan lunak bagian dalam. Daerah yang diolah kemudian ditutup dengan zat lengket seperti tar menggunakan alat batu, para ilmuwan melaporkan ke American Journal of Physical Anthropology.

Temuan menunjukkan bahwa teknik untuk menghapus bagian-bagian gigi yang terinfeksi gigi telah dikembangkan ribuan tahun sebelum fajar pertanian yang kaya diet karbohidrat sebagai penyebab utama merebaknya gigi berlubang. Petani mungkin sudah terbiasa menggunakan alat-alat batu untuk mengebor gigi berlubang sejak 9.000 tahun lalu.

Stefano Benazzi, antropolog University of Bologna, pada tah…