Wednesday, December 3, 2014

Teleskop Lensa Darat Ukur Exoplanet 55 Cancri e

www.LaporanPenelitian.com - Para astronom menonton transit super Earth dari Bumi, teleskop 2,5 meter berbasis darat mengukur transit dangkal exoplanet terdekat 55 Cancri e.

Ditemukan tahun 2004, 55 Cancri e adalah salah satu dari empat exoplanet yang mengorbit bintang mirip Matahari 55 Cancri yang duduk 40 tahun cahaya dari Bumi di konstelasi Cancer.

55 Cancri e jatuh ke dalam kelas planet super-Bumi atau lebih besar dari Bumi tapi lebih ringan dari raksasa Neptunus. 55 Cancri e memiliki radius 2 kali dan massa 8 kali Bumi.

Berbeda dengan Bumi 365 hari, 55 Cancri e adalah dunia bakar yang bergegas di sekitar bintang setiap 18 jam. Orbit 26 kali lebih dekat Merkurius-Matahari bahwa gravitasi mengunci satu wajah selamanya terbakar bintang host.

55 Cancri e diusulkan memiliki core berbatu dikelilingi lapisan cair dan gas kemudian seluruh permukaan planet diselimut uap. Sekarang pertama kalinya 2,5 meter Nordic Optical Telescope di Spanyol mempu mengukur transit.

"Kita mendeteksi transit planet kecil di sekitar bintang seperti Matahari menggunakan teleskop berbasis darat," kata Ernst de Mooij, astronom University of Toronto.

Prospek puluhan super-Bumi harus bisa diungkap survei yang akan datang. Sampai saat ini hanya exopanet GJ 1214b yang telah diamati menggunakan teleskop berbasis darat. Udara di Bumi membuat observasi sangat sulit.

"Kita mendorong batas-batas teleskop dan instrumen. Penginderaan jauh puluhan tahun cahaya tidak mudah, tapi bisa dilakukan dengan teknik tepat," kata Ray Jayawardhana, astronom York University di Toronto.
Ground-Based Transit Observations of the Super-Earth 55 Cnc e

E. J. W. de Mooij, M. Lopez-Morales, R. Karjalainen, M. Hrudkova, R. Jayawardhana

arXiv, Submitted on 27 Nov 2014, arXiv:1411.7660. Gambar: NASA/JPL-Caltech/R. Hurt (SSC).
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment