Skip to main content

Dating 5 Ribu Tahun Protein Susu di Plak Gigi

LaporanPenelitian.com - Bukti pertama konsumsi susu di plak gigi kuno, sidik jari kimia di kalkulus gigi kuno mengkonfirmasi konsumsi susu di Eropa dan Asia Barat.

Bukti langsung konsumsi susu terawetkan dalam mineralisasi gigi Zaman Perunggu memberi implikasi pemahaman luas evolusi diet manusia setidaknya berlangsung 5.000 tahun.

Produk susu adalah inovasi makanan pasca-Neolitik dan sebagian besar penduduk dunia tidak mampu digest laktosa sehingga sering mengembangkan gejala intoleransi laktosa.

Di mana dan kapan manusia pertama mengkonsumsi produk susu adalah link yang diperlukan ketika mendating budaya pemburu-pengumpul ke budaya pertanian dan ternak.

Laporan baru memberi bukti langsung protein dari ternak sapi, domba dan kambing dikonsumsi manusia setidaknya 5.000 tahun. Bukti sebelumnya lemak susu diidentifikasi pada tembikar dan peralatan masak masyarakat petani awal.

"Temuan protein susu dalam kalkulus gigi manusia memungkinkan penyatuan garis-garis bukti dan membandingkan sifat-sifat genetik dan perilaku budaya," kata Christina Warinner, antropolog University of Oklahoma.
Direct evidence of milk consumption from ancient human dental calculus

C. Warinner1,2 et al.
  1. Department of Anthropology, University of Oklahoma, Norman, OK, USA
  2. Institute of Evolutionary Medicine, University of Zürich, Zürich, Switzerland
Scientific Reports, 27 November 2014, DOI:10.1038/srep07104. Gambar: C. Warinner et al.
Tinuku

Comments

Popular posts from this blog

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Hidup Tanpa Ibu, Bayi Tikus Lahir Sehat Tanpa Pembuahan Sel Telur

Penelitian ~ Membuat bayi semakin mudah tanpa telur bahwa tikus lahir tanpa ibu. Embrio haploid atau parthenogenotes disuntik dengan sperma berhasil berkembang menjadi keturunan yang sehat.

Gambar Tiga Dimensi Struktur Detail Virus Zika Resmi Terbit

Penelitian ~ Struktur virus Zika dipetakan untuk pertama kalinya. Gambar 3D virus tidak hanya memancing inspirasi seni, tapi bisa pula memberi petunjuk bagaimana melawannya.