Langsung ke konten utama

Dating 5 Ribu Tahun Protein Susu di Plak Gigi

LaporanPenelitian.com - Bukti pertama konsumsi susu di plak gigi kuno, sidik jari kimia di kalkulus gigi kuno mengkonfirmasi konsumsi susu di Eropa dan Asia Barat.

Bukti langsung konsumsi susu terawetkan dalam mineralisasi gigi Zaman Perunggu memberi implikasi pemahaman luas evolusi diet manusia setidaknya berlangsung 5.000 tahun.

Produk susu adalah inovasi makanan pasca-Neolitik dan sebagian besar penduduk dunia tidak mampu digest laktosa sehingga sering mengembangkan gejala intoleransi laktosa.

Di mana dan kapan manusia pertama mengkonsumsi produk susu adalah link yang diperlukan ketika mendating budaya pemburu-pengumpul ke budaya pertanian dan ternak.

Laporan baru memberi bukti langsung protein dari ternak sapi, domba dan kambing dikonsumsi manusia setidaknya 5.000 tahun. Bukti sebelumnya lemak susu diidentifikasi pada tembikar dan peralatan masak masyarakat petani awal.

"Temuan protein susu dalam kalkulus gigi manusia memungkinkan penyatuan garis-garis bukti dan membandingkan sifat-sifat genetik dan perilaku budaya," kata Christina Warinner, antropolog University of Oklahoma.
Direct evidence of milk consumption from ancient human dental calculus

C. Warinner1,2 et al.
  1. Department of Anthropology, University of Oklahoma, Norman, OK, USA
  2. Institute of Evolutionary Medicine, University of Zürich, Zürich, Switzerland
Scientific Reports, 27 November 2014, DOI:10.1038/srep07104. Gambar: C. Warinner et al.

Komentar

Popular

Tungau Wajah Demodex folliculorum dan Demodex brevis

www.LaporanPenelitian.com - Tungau kecil merayap di seluruh wajah Anda, tes DNA mengungkap kemahahadiran 2 spesies arakhnida hidup di kulit manusia. Demodex folliculorum dan Demodex brevis adalah teman dunia luar Anda paling intim.

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Pemburu-Pengumpul Zaman Batu Mengobati Sakit Gigi Pakai Alat Batu dan Aspal

Penelitian ~ Pemburu-pengumpul Zaman Batu mengobati sakit gigi menggunakan alat tajam dan tar. Dokter gigi tidak mengebor dan menambal, tapi menggores dan melapisi. Temuan gigi menambah bukti bahwa beberapa bentuk kedokteran gigi telah muncul selama setidaknya 14.000 tahun lalu.

Dua gigi dari orang yang tinggal di Italia utara 13.000 hingga 12.740 tahun lalu menanggung tanda-tanda seseorang telah menghapus infeksi jaringan lunak bagian dalam. Daerah yang diolah kemudian ditutup dengan zat lengket seperti tar menggunakan alat batu, para ilmuwan melaporkan ke American Journal of Physical Anthropology.

Temuan menunjukkan bahwa teknik untuk menghapus bagian-bagian gigi yang terinfeksi gigi telah dikembangkan ribuan tahun sebelum fajar pertanian yang kaya diet karbohidrat sebagai penyebab utama merebaknya gigi berlubang. Petani mungkin sudah terbiasa menggunakan alat-alat batu untuk mengebor gigi berlubang sejak 9.000 tahun lalu.

Stefano Benazzi, antropolog University of Bologna, pada tah…