Langsung ke konten utama

Jet Partikel Lubang Hitam Selaras dalam Web Kosmik

Laporan Penelitian - Galaksi selaras 1 miliar tahun cahaya, quasar jauh memunculkan pertanyaan tentang pembentukan struktur besar di alam semesta.

Core beberapa galaksi jauh yang tersebar 1 miliar tahun cahaya tampak misterius selaras satu sama lain. Jika dikonfirmasi, pengamatan baru memberi beberapa mekanisme atas pembentuk struktur terbesar di alam semesta.

Damien Hutsemékers, astrofisikawan University of Liège di Belgia, dan rekan menggunakan Very Large Telescope di Chile untuk mengukur orientasi 19 quasar, disk gas menyala berputar-putar di sekitar lubang hitam supermasif di pusat beberapa galaksi.

Setiap quasar duduk di salah satu dari 4 kelompok sekitar 13 miliar tahun cahaya dan berpusat di konstelasi Leo. Di dalam kelompok, quasar meludah jet kuat partikel bermuatan menunjuk hampir ke arah yang sama.

Ledakan lubang hitam sejajar dengan web kosmik bahkan dengan sampel kecil menjadi menarik jika quasar tahu bagaimana tetangga mereka selaras dalam rangka menyesuaikan diri dengan struktur skala besar alam semesta.

Jet dari quasar sejajar dengan filamen di mana mereka berada. Lubang hitam memotori quasar dengan sumbu rotasi yang sama seperti tetangga dalam filamen besar meskipun miliaran tahun cahaya terpisah.



Alignment of quasar polarizations with large-scale structures

D. Hutsemékers1 et al.
  1. Institut d’Astrophysique et de Géophysique, Université de Liège, Allée du 6 Août 17, B5c, 4000 Liège, Belgium
Astronomy & Astrophysics, 19 November 2014, DOI:10.1051/0004-6361/201424631, Gambar dan video: ESO/M. Kornmesser

Komentar

Popular

Tungau Wajah Demodex folliculorum dan Demodex brevis

www.LaporanPenelitian.com - Tungau kecil merayap di seluruh wajah Anda, tes DNA mengungkap kemahahadiran 2 spesies arakhnida hidup di kulit manusia. Demodex folliculorum dan Demodex brevis adalah teman dunia luar Anda paling intim.

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Pemburu-Pengumpul Zaman Batu Mengobati Sakit Gigi Pakai Alat Batu dan Aspal

Penelitian ~ Pemburu-pengumpul Zaman Batu mengobati sakit gigi menggunakan alat tajam dan tar. Dokter gigi tidak mengebor dan menambal, tapi menggores dan melapisi. Temuan gigi menambah bukti bahwa beberapa bentuk kedokteran gigi telah muncul selama setidaknya 14.000 tahun lalu.

Dua gigi dari orang yang tinggal di Italia utara 13.000 hingga 12.740 tahun lalu menanggung tanda-tanda seseorang telah menghapus infeksi jaringan lunak bagian dalam. Daerah yang diolah kemudian ditutup dengan zat lengket seperti tar menggunakan alat batu, para ilmuwan melaporkan ke American Journal of Physical Anthropology.

Temuan menunjukkan bahwa teknik untuk menghapus bagian-bagian gigi yang terinfeksi gigi telah dikembangkan ribuan tahun sebelum fajar pertanian yang kaya diet karbohidrat sebagai penyebab utama merebaknya gigi berlubang. Petani mungkin sudah terbiasa menggunakan alat-alat batu untuk mengebor gigi berlubang sejak 9.000 tahun lalu.

Stefano Benazzi, antropolog University of Bologna, pada tah…