Skip to main content

Molekul Darah Aldehyde Membuat Karnivora Gila

Penelitian - Aroma kimia darah memancing air liur karnivora. Trans-4,5-epoxy-(E)-2-decenal sebagai materi kimia memberi darah bau khas yang membuat karnivora gila.

Seperti jejak kaki di salju, bau darah membimbing karnivora memburu mangsa yang terluka. Darah mengandung molekul segudang, tetapi sulit dijabarkan peran bahwa semua molekul dalam substansi mungkin bermain.

Pemburu mengendus senyawa yang menguap satu per satu untuk materi yang paling menggambarkan darah, bau daging agak metalik yang terbentuk ketika lemak hewan rusak.

Molekul Trans-4,5-epoxy-(E)-2-decenal disebut aldehyde membawa bau seperti logam tanda tangan darah yang ditemukan dalam darah babi dan mungkin dimiliki darah semua mamalia.

Ketika senyawa dioleskan pada kayu, Harimau Siberia (Panthera tigris altaica), Anjing Semak (Speothos venaticus), Anjing Africa (Lycaon pictus) dan Anjing Asia (Cuon alpinus) di Kolmården Wildlife Park menganggap daging.

"Senyawa ini menarik bau darah nyata," kata Matthias Laska, zoolog Linköping University di Swedia.

Bahkan, Anjing Semak lebih tertarik pada substansi aldehyde dibanding darah kuda sungguhan. Hewan dan sistem penciuman lainnya lain mungkin telah berevolusi strategi alternatif.
Behavioral Responses to Mammalian Blood Odor and a Blood Odor Component in Four Species of Large Carnivores

Sara Nilsson1 et al.
  1. Department of Physics, Chemistry and Biology, Linköping University, Linköping, Sweden
PLoS ONE, 10 October 2014, DOI:10.1371/journal.pone.0112694, Gambar: Linköping University.

Comments

Popular

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Tungau Wajah Demodex folliculorum dan Demodex brevis

www.LaporanPenelitian.com - Tungau kecil merayap di seluruh wajah Anda, tes DNA mengungkap kemahahadiran 2 spesies arakhnida hidup di kulit manusia. Demodex folliculorum dan Demodex brevis adalah teman dunia luar Anda paling intim.

Pemburu-Pengumpul Zaman Batu Mengobati Sakit Gigi Pakai Alat Batu dan Aspal

Penelitian ~ Pemburu-pengumpul Zaman Batu mengobati sakit gigi menggunakan alat tajam dan tar. Dokter gigi tidak mengebor dan menambal, tapi menggores dan melapisi. Temuan gigi menambah bukti bahwa beberapa bentuk kedokteran gigi telah muncul selama setidaknya 14.000 tahun lalu.

Dua gigi dari orang yang tinggal di Italia utara 13.000 hingga 12.740 tahun lalu menanggung tanda-tanda seseorang telah menghapus infeksi jaringan lunak bagian dalam. Daerah yang diolah kemudian ditutup dengan zat lengket seperti tar menggunakan alat batu, para ilmuwan melaporkan ke American Journal of Physical Anthropology.

Temuan menunjukkan bahwa teknik untuk menghapus bagian-bagian gigi yang terinfeksi gigi telah dikembangkan ribuan tahun sebelum fajar pertanian yang kaya diet karbohidrat sebagai penyebab utama merebaknya gigi berlubang. Petani mungkin sudah terbiasa menggunakan alat-alat batu untuk mengebor gigi berlubang sejak 9.000 tahun lalu.

Stefano Benazzi, antropolog University of Bologna, pada tah…