Wednesday, November 19, 2014

Misi Philae Lander Selesai Sebelum Beranjak Tidur

LaporanPenelitian.com - Misi Philae lander selesai sebelum shutdown. Philae melengkapi beberapa data mengejutkan di komet 67P/Churyumov-Gerasimenko meski harus berakhir.

Probe harus beristirahat meski belum menjawab target seperti gunung berapi, sungai dan danau di Planet Mars kuno atau bintik merah Jupiter kemungkinan besar disebabkan sengatan Matahari daripada ekspresi tersipu.

Tapi Philae sudah banyak memberi para ilmuwan beberapa petunjuk tentang komet 67P/Churyumov-Gerasimenko sebelum tidur. Data salah satu instrumen menunjuk lapisan es keras duduk di bawah 10-20 cm debu.

Temuan mengejutkan diantisipasi dengan instrumen palu dan bor menjadi lapisan material sedikit lebih lembut. Instrumen lain mendeteksi molekul organik yang mengandung karbon.

Kamera pengorbit wahana Rosetta juga melihat Philae melayang dan bertengger di permukaan komet dan menangkap sekilas bagaimana pendarat dan bayangannya selama gol pertama probe.

Ilmuwan terus menganalisa data yang dipanen Philae dalam misi 64 jam bersejarah sebelum ditakdirkan menjalani masa hibernasi hingga bersiap untuk adegan perihelion.
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment